Dinkes Baubau Aktifkan Puskesmas Keliling, Layani Kesehatan Warga Perumahan

Peliput: Arianto W

BAUBAU, BP- Dalam rangka meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berada dikawasan pelosok, khususnya warga Perumahan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau fungsikan Puskesmas Keliling (Pusling).

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Dinkes Baubau Amrin Taone saat ditemui diruangan kerjanya pada beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, Pusling merupakan jaringan pelayanan Puskesmas yang sifatnya bergerak (Mobile). Tujuanya untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas pelayanan bagi masyarakat di wilayah kerja tiap Puskesmas yang sulit terjangkau oleh pelayanan kesehatan dalam gedung Puskesmas, khususnya wilayah perumahan.

” Setiap Puskesmas memiliki Puskesmas Keliling (Pusling) atau mobil ambulance, yang digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berada diwilayah pelosok seperti perumahan,” jelasnya.

Terkait jadwal pengoprasian Pusling, telah ditetapkan langsung oleh masing-masing Puskesmas diseluruh wilayahnya. Namun jika ada pasien darurat dan membutuhkan pertolongan dengan segera, maka akan jadi prioritas utama.

” Kalau untuk jadwal kelilingnya nanti puskesmas yang atur. Namun untuk pasien emergency tetap akan diutamakan,” tutupnya (#)

Pin It on Pinterest