Pemkot dan Kemenag Baubau Launching Markas Tilawah, Ciptakan Qari dan Hazif Quar’an Handal

Peliput: Gustam

BAUBAU, BP- Menciptakan Qari dan Hafis bertalenta, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Baubau bersa Pemerintah Kota (Pemkot) launching markas tilawah di tiap-tiap kecamatan, di Aula Kantor Walikota Baubau, selasa (05/03).

Markas tilawah berguna mendidik Qari dan Hafiz terbaik dalam setiap Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) yang ada di Kota Baubau untuk disiapkan mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

Kegiatan yang dihadiri sejumlah pengurus Kantor Urusan Agama (KUA) se kecamatan di Kota Baubau serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah itu, dibuka resmi Sekda Kota Baubau Roni Muhtar mewakili Walikota Baubau Dr HAS Tamrin MH yang tidak sempat hadir.

Dalam sambutannya, Roni Muhtar menjelaskan markas tilawah merupakan salah satu inovasi Pemkot Baubau bersama ka kemenag dalam menciptakan kader yang bermanfaat bagi sesamanya, bangsa dan negara.

“Inilah salah satu bentuk inovasi kita. Melakukan sesuatu yang berbeda dengan yang sebelumnya. Diharapkan markas tilawah ini memberikan manfaat yang lebih besar dari sebelumnya. Bagaimana kita mencoba membangun cara baru pembinaan tilawah kita,” jelasnya.

Hal itu, kata Roni setelah melalui tahap evaluasi yang mendalam antara pemkot dan Kepala Kemenag Kota Baubau. “Setelah dievaluasi dari proses pembinaan selama ini, ternyata masih ada hal-hal yang mesti diperbaiki. Makanya kita buat markas tilawah ini,” tuturnya.

Kabag Kesara Setda Kota Baubau Asmahani menambahkan, fungsi utama markas tilawah adalah mencari bibit-bibit Qori dan Hafiz Kota Baubau persiapan MTQ.

“Kegiatan ini diprakarsai oleh pemkot dan Ka Kemenag Kota Baubau. Munculnya ide markas tilawah ini dikarenakan sulitnya mencari Qori atau Qaria, Hafiz dan Hafiza dalam setiap MTQ ataupun STQ,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Asma, markas tilawah juga bertujuan mendidik generasi muda Kota Baubau akan syariat islam. “Fungsi lainnya adalah pengembangan hadist dan sebagai wadah untuk pengembangan tilawah Quran Kota Baubau,” tandasnya. (*)

Pin It on Pinterest