Sabet 15 Medali, SMAN 1 Baubau Juara Umum OSN

Peliput: Arianto W

BAUBAU, BP- SMAN 1 Baubau raih juara umum pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMA/MA tingkat Kota Baubau tahun 2019, dengan memperoleh sembilan medali emas dan enam medali perak.

Perolehan sembilan medali emas SMAN 1 Baubau yakni juara satu Fisika, juara satu Astronomi, juara satu Kebumian, juara satu Geografi, juara satu Kimia, juara satu Biologi, juara satu Ekonomi, dan dua juara satu Informatika. Tidak hanya itu, SMAN 1 Baubau juga berhasil mendapatkan enam medali perak untuk perolehan juara dua dan tiga. Diantaranya, juara dua Mate-matika, juara dua Fisika, juara tiga Kebumian, juara tiga Ekonomi, juara dua Geografi, dan juara tiga Geografi.

Kepala SMAN 1 Baubau Dra Sartati saat ditemui Baubau Post, Selasa (05/03) mengungkapkan perasaan senang dan bangga atas perolehan prestasi yang diraih oleh anak didiknya pada seleksi olimpiade berskala Nasional, ditingkat Kota Baubau.

” SMAN 1 Baubau berhasil mendapatkan juara umum, karena meraih sembilan medali emas dan enam medali perak. Jadi total keseluruhannya ada 15 juara yang kami raih,” jelasnya.

Dari sejumlah bidang yang diikuti, SMAN 1 Baubau gagal meraih juara dibidang Mate-matika. Namun, untuk bidang Informatika justru dua siswa didiknya berhasil merenggut juara satu Informatika.

” Dari sembilan mata pelajaran yang disiapkan, hanya dibidang mate-matika yang kami tidak dapatkan medali emas karena hanya memperoleh juara dua, namun untuk bidang informatika, dua siswa kami mendapatkan juara satu,” ungkapnya.

Dikatakannya, perolehan sejumlah prestasi tidak terlepas dari kerja sama antara guru pembina olimpiade dengan siswa peserta lomba. Guna, menyiapkan perbekalan siswa sehingga lebih berantusias dalam menghadapi pelaksanaan OSN.

“Tentunya ini tidak terlepas dari kerja sama guru-guru sekolah yang bersinergi dengan peserta Olimpiade,” ujarnya.

Berikut daftar nama guru pembina olimpiade SMAN 1 Baubau yakni Rusdin SPd guru pembina Fisika, Dahlan SPd guru pembina Mate-matika, Drs Isnaini guru pembina Biologi, LM Syahril SPd guru pembina Kimia, Arifin SPd guru pembina Astronomi, Nasir SPd guru pembina Ekonomi, Zohara SPd guru pembina Kebumian, Nasir SPd MPd guru pembina Informatika, dan Arianto ATJO SPd MPd guru embina Geografi.

Kendati demikian, 15 peserta yang berhasil lolos pada seleksi OSN tingkat Kota Baubau akan menjadi perwakilan kota untuk mengikuti OSN ditingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Untuk itu, ia berharap agar peserta didiknya dapat meraih juara terbaik sehingga menjadi perwakilan provinsi pada OSN ditingkat Nasional.

” Siswa kami akan mewakili Kota Baubau pada OSN tingkat Provinsi Sultra, bersamaan dengan juara dari sekolah lain. Diharapkan mereka dapat meraih juara terbaik sehingga selanjutnya bisa menjadi perwakilan Provinsi ketingkat Nasional,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest