Umat Hindu Karing-karing di Baubau Sambut Nyepi dengan Tradisi Pengerupukan

Peliput: Gustam

BAUBAU, BP- Telah menjadi ritual sehari jelang nyepi, masyarakat hindu karing-karing Kota Baubau menggelar upacara pengerupukan dengan tujuan mensucikan diri dari energi negatif.

Ritual yang digelar pada hari rabu (06/03) itu, dihadiri seluruh perangkat adat, serta masyarakat karing-karing dengan pakaian adat khas hindu. Sejak Pukul 15.00 Wita, masyarakat sudah memadati lokasi. Tua, muda hingga anak-anak nampak khusyuh memanjatkan doa.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Baubau Agus Setiawan menjelaskan upacara pengerupukan merupakan ritual mempersuci diri, serta lingkungan dari semua pengaruh-pengaruh jahat yang disebut Buta.

“Ini namanya pengerupukan. Jadi pengerupukan itu adalah upacara penyucian, yakni penyucian rumah, lingkungan dan yang paling utama itu adalah penyucian diri,” jelasnya kepada segenap wartawan seusai pelaksanaan ritual.

Buta yang merupakan analogi dari roh jahat, yang bersimbolkan Ogo-ogo kemudian diarak keliling kampung. Tujuannya, untuk menyerap semua energi negatif di tiap-tiap sudut rumah untuk dinetralkan.

“Jadi pada saat ini kita mau menetralkan energi negatif yang disebut dengan Buta. Jadi di lingkungan dan tubuh kita itu ada energi negatif dan positif. Jadi sakarang ini energi negatif itu yang kita mau netralkan,” ungkap Agus Setiawan.

Arak-arakan Ogo-ogo tersebut diiringi dengan lantunan musik. Tujuannya agar energi negatif dari roh-roh jahat dibuat senang terlebih dahulu sebelum kemudian dibakar.

“Ogo-ogo itu merupakan lambang Buta itu sendiri. Menggambarkan energi negatif dalam tubuh kita. Ogo-ogo itu nanti kita arak keliling kampung, untuk mengambil energi negatif dari rumah-rumah masing-masing, baru kemudian dibakar,” katanya.

Antusias masyarakat maupun pungunjung nampak tinggi. Hampir seluruh badan jalan dipadati pengunjung. Tidak banyak dari pengunjung yang mengabadikan noment tersebut dengan mengambil gambar atau video.

Aparat kepolisian pun nampak sigap mengamankan. Terutama Satuan Lalu Lintas Polres Baubau yang begitu sigap mengatur arus lalu lintas. (*)

Pin It on Pinterest