Amirul Tamim Kunjungi Penerima Bantuan PSBI Di Busel

Peliput : Amirul
BATAUGA,BP-Anggota Komisi XI DPR RI MZ Amirul Tamim mengujungi lokasi penerima bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di Buton Selatan.

Kunjungan Amirul Tamim kepenerima bantuan PSBI usai menghadiri kegiatan workshop implementasi tata kelola keuangan desa dengan aplikasi siskeudes di gedung Lamaindo, Batauga, Senin (18/3).

Kata Amirul, kunjungannya disalah satu penerima bantuan PSBI di Busel ini, hanya untuk menastikam program tersebut telah dilaksanakan dan mengecek apakah dipergunakan sesuai yang tertuang dalam proposal penerima.

“PSBI khusus di Busel ada empat TK penerima bantuan. Tetapi di Sultra secara keseluruhan cukup banyak,” kata Amirul Tamim, saat ditemui di TK 2 Tunas Harapan Busoa.

Lanjutnya, bantuan itu bukan hanya di TK saja, namun telah dikucurkan diberbagai kegiatan, seperti bantuan peralatan untuk bengkel, masjid, petani dan nelayan.

Kata mantan walikota Baubau dua priode ini, ada juga bantuan sapi ke peternak. Hasil kotoran sapi ini ditampung oleh peternak sebagian kotoran itu dimanfaatkan untuk menjadi pupuk organik, sementara urinenya diubah menjadi biogas dan program ini sudah berjalan di beberapa wilayah di Sultra melalui bantuan PSBI.

PSBI meliputi dua jenis program, yakni program strategis dan kepedulian sosial. Program strategis mencakup program pengembangan ekonomi dan program peningkatan pengetahuan serta pemahaman masyarakat tentang tujuan dan pelaksanaan tugas Bank Indonesia.

n Sementara program kepedulian sosial, merupakan kegiatan kepedulian atau empati terhadap permasalahan masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, kebudayaan, keagamaan, dan penanganan musibah dan bencana alam.

“Fungsi BI menjaga stabilitas keuangan nasional dan memiliki fungsi sosial yakni kepedulian
Kepedukian,”tukasnya.

Sementara itu, penerima bantuan PSBI kepala TK 2 Tunas Harapan Busoa, Runiati SPdi mengatakan bantuan program Sosial BI ini telah memberi dampak cukup baik bagi anak didiknya. Dari bantuan itu diperuntukan untuk membangun pagar sekolah dan lantai halaman sekolah.

“Bantuan ini sangat membantu, tadinya pagar sekolah yang terbuat dari kayu sudah lapuk dan digantikan dengan dinding tembok, begitu juga lantai halaman sekolah, sebelumnya berbatu-batu dan anak-anak rawan terjatuh saat bermain, sekarang alhamdulillah sudah diflur,” tutur Runiati.

Rahmatia SPd SD kepala Sekolah TK Cahaya Kabura-Burana yang juga penerima PSBI sangat berterima kasih atas bantuan dari PSBI. Bantuan itu digunakan untuk membangun tempat bermain siswa, gorong-gorong dan seluncuran serta mengecet dinding sekolah sehingga anak didik merasa nyaman dan betah menerima pelajaran disekolah.
(*)

Pin It on Pinterest