Serapan Anggaran Baubau Triwulan I Masih Enam Persen -Monianse: Bukan Karena Kinerja OPD, Tapi Penyesuaian Dengan Sistem Baru

Peliput: Gustam

BAUBAU, BP- Serapan anggaran Kota Baubau di awal tahun ini baru sekitar enam persen. Hal itu terkuak dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pembangunan Triwulan I Pemkot di Ruang Rapat Kantor Walikota Baubau, selasa (19/03).

Rapat yang digelar tertutup untuk umum itu dipimpin langsung Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse yang menggantikan Walikota Baubau Dr HAS Tamrin yang tidak sempat hadir.

“Serapan anggaran memang masih jauh di bawah target. Baru sekitar 6 persen. Tapi itu bukan karena kinerja OPD yang lambat, tapi penyesuaian dengan sistem yang baru. Sehingga butuh penyesuaian-penyesuaian,” kata Monianse saat diwawancarai sejumlah wartawan seusai rakor.

Di rakor tersebut kata Monianse, para pimpinan Oragnisasi Perangkat Daerah (OPD) saling menyamakan persepsi. Mengingat ada beberapa kepala dinas (kadis) yang dirolling jabatannya beberapa hari lalu, sehingga butuh penyesuaian.

“Kan ada beberapa kepala OPD baru yang mereka belum mengenal tugas barunya. Jadi lewat forum tadi itu, mereka menyamakan persepsi. Jadi kadis yang lama selain mempelajari tugas di jabatan barunya, juga memberi pemahaman kepada kadis baru di jabatan lamanya,” tuturnya.

Diharapkan pembangunan Kota Baubau terus berjalan lancar sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJM). “Jadi tujuan tumanya (rakor-red) itu untuk sharing pemahaman tentang tugas-tugas,” pungkasnya. (*)

Pin It on Pinterest