Butur Genjot Ikan Katapai Hadir Di Swalayan Dan Gerai Bandara

Peliput: Kasrun

BURANG-BP, Buton Utara (Butur) saat ini sedang gencar-gencarnya mengenjot potensi daerahnya melalui Usaha Kecil Menegah (UKM) nya, salah satunya kuliner ikan panggang (Ikan katapai) yang di dorong untuk hadirkan di Swalayan termasuk gerai Bandar Udara Haluoleo.

Abu Hasan saat ditemui media diruang kerjanya beberapa waktu lalu mengatakan, jika ikan katapai merupakan panganan yang sangat populer di Butur, bahkan menjadi kuliner unggulan di salah satu lokasi wisata di daerah kecamatan Kulisusu.

” Katapai ini sangat populer di Kabupaten Buton Utara, bahkan salah satu kawasan wisata kuliner dipantai bone kecamatan Kulisusu, menjadikan katapai sebagai salah satu kuliner unggulan,”kata Abu Hasan.

Dikatakan, meski menjadi kuliner unggulan, ikan katapai tersebut masih memiliki sejumlah kelemahan diantaranya waktu penyimpanannya yang hanya mampu bertahan selama tiga hari saja usai pengolahan. Oleh sebabnya Abu Hasan, terlebih dahulu berupaya agar hasil olahan panganan bisa bertahan lama dan hal itu yang membuat nilai tambah Katapai bisa tembus di swalayan.

” Mungkin kita akan pikirkan menggunakan teknologi khusus. Tapi tidak merubah cita rasa dan tidak menggunakan bahan pengawet, tetap berbahan organik”,ujarnya.

Lanjut, ketika pihaknya telah berhasil membuat gerai di Bandara Haluoleo, kuliner ikan katapai itu bisa menjadi oleh-oleh khas Sultra, termasuk oleh-oleh dan souvenir lainnya yang berasal dari Kabupaten Butur. (*)

Pin It on Pinterest