Disdukcapil Busel Upayakan Pendataan KIA Di Bulan Juni

Peliput : Amirul

BATAUGA,BP-Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Buton Selatan (Busel) mengagendakan pelayanan pendataan Kartu Indentitas Anak (KIA) pada bulan Juni mendatang.

Kepala Discapilduk Busel Nadir, mengatakan sosialisasi terkait kebijakan administrasi kependudukan khususnya KIA, sudah berjalan di lima kecamatan di Busel.

“Sosialisasi yang sudah kita lakukan di Batuatas, Lapandewa, Sampolawa, Siompu dan Siompu Barat. Sementara sosialisasi di Kadatua dan Batauga akan juga segera dilakukan dalam waktu dekat ini,” ucap Nadir saat ditemui belum lama ini.

Kata Nadir, pihak juga gencar menyampaikan inti sosialisasi itu kepada kepala sekolah. Syarat pendataan KIA yakni memiliki akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK) dan KTP orang tua atau wali. Itu untuk usia anak 0 sampai 5 tahun kurang satu hari tanpa menyertakan foto diri. Sementara untuk usia anak 5 sampai 17 tahun kurang satu hari wajib menyertakan foto.

Lanjutnya, proses pendataan KIA tidak seperti prosedur pembuatan KTP yang harus memerlukan perekaman, sidik jari atau retina.

“Dicetakkan KIA, hanya cukup menyertakan syarat-syarat saja, tidak seperti KTP yang harus memerlukan perekaman,” ucap Nadir.

Ditambahkannya, anggaran pengadaan blanko KIA dibebankan melalui anggaran DAK. Terkecuali kekurangan anggaran maka akan dibebankan melalui APBD perubahan. Sementara pengadaan server dianggarkan melalui DAU.

“Kurang lebih 40 ribu anak yang akan dikeluarkan KIA nya. Dengan perhitungan anggaran satu blanko Rp 5.000,” tukasnya (*)

Pin It on Pinterest