KPUD Buteng Gelar Simulasi Pungut Hitung Dan Rekap Suara

Peliput: Taufik

LABUNGKARI, BP- Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Buton tengah (Buteng) menggelar simulasi pungut hitung dan rekap suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) II, Desa Wajo Gu, Kecamatan La Kudo, Kamis (11/04).

Kegiatan simulasi dimulai sejak pukul 07:00 Wita hingga pukul 13:00 wita, dan melibatkan 100 orang pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemili Tetap (DPT) di TPS II Desa Wajo Gu.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPUD Buteng La Ode Nuriadin saat di temui oleh awak media Baubau Post.

Dikatakan, jika simulasi pungut hitung dan rekap suara yang dilakuakn pihaknya bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman Pemilih dalam menyalurkan hak pilihnya di TPS. Sekaligus untuk menyampaikan kepada pemilih tentang tata cara mencoblos yang benar.

“Simulasi ini untuk menentukan atau mengetahui seberapa lama waktu yang digunakan oleh KPPS dalam proses pemungutan suara untuk setiap orang,” kata Nuriadin.

Lanjut, tujaun lain kegiatan yang dihadiri oleh Ketua KPPS, PPS, ketua Anggota PPK dan PTPS, adalah untuk mengidentivikaai kedala- kendala teknis yang akan terjadi di TPS nanti.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi masalah teknis yang akan terjadi di hari pemungutan suara nanti,misalkan kategori pemilih DPK yang menyalurkan hak pilihnya mulai jam 12:00 wita sampai 13:00 wita.tutupnya. (#)

Pin It on Pinterest