2018, Kantor Pertanahan Busel Terbitkan 4000 Sertifikat

Peliput : Amirul

BATAUGA, BP- Kantor Pertanahan Kabupaten Buton Selatan (Busel) telah menerbitkan 4000 sertifikat kepada masyarakat. Pencapaian tersebut telah memenuhi target Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2018.

Kepala Kantor Pertanahan Busel Herman Saeri mengatakan 4000 sertifikat tanah telah tuntas diberikan kepada masyarakat Buton Selatan, yang sebelumnya telah mendaftarkan tanahnya melalui sistem PTSL.

“Untuk Sertifikat tanah 2018 sudah tuntas diberikan, saat ini kita lagi mengurus untuk 2019,” ucap Herman Saeri saat ditemui beberapa waktu lalu.

Program PTSL tahun 2018 lalu, tersebar di seluruh wilayah Busel. 2000 bidang tanah wilayah Batauga-Sampolawa, Siompu 1000 bidang tanah, sisa tersebar dibeberap daerah lainnya di Busel.

Hingga akhir tahun 2019, pihak pertanahan menargetkan penerbitkan sertifikat tanah melalui sistem PTSL sebanyak 6000.

Kata Herman, PTSL merupakan salah satu upaya pemerintah dalam melakukan percepatan reforma agraria guna menjamin pemerataan sosial ekonomi dan mengurangi konflik pertanahan.

“PTSL bertujuan untuk mewujudkan pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah masyarakat,‚ÄĚkatanya.

Lanjutnya, mekanisme PTSL ini berbeda dengan Proyek Operasi Nasional Agraria (Prona). Mekanisme Prona, pemerintah mematok jumlah kouta bidang tanah yang akan disertifikatkan pada suatu desa atau keluarahan dan tidak boleh lebih dari kouta itu. Berbeda dengan PTSL, jumlah kouta bidang tanah suatu desa/ kelurahan akan mengikuti permintaan masyarakat atau pemerintah tidak mematoknya.

“PTSL saat ini mekanismenya, umpamanya permohonannya masyarakat 100 bidang tanah yang diukur, pada saat pihak kami turun kelapangan bisa jadi berkembang atas masukan masyarakat,” tuturnya.

Ditambahkannya, saat ini pihaknya masih melakukan pengukuran di beberapa wilayah di Buton Selatan. Target 6000 bidang tanah yang disertifikatkan harus tuntas tahun ini, karena bagi Kantor Pertanahan Busel, hal itu merupakan capaian kinerja. (*)

Pin It on Pinterest