Burhan: 8,84 Persen Pemilih Tidak Berada Di Buton

Peliput Alyakin

PASARWAJO, BP – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buton, Burhan menyebutkan 8,84 persen pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tidak berada di Kabupaten Buton, Pasalnya pemilih tersebut berada di Luar Daerah.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Burhan ketika dikonfimasi Baubau Post di ruang kerjanya belum lama ini.

“8,84 persen secara keseluruhan pemilih kita tidak berada dikabupaten Buton saat ini,” katanya.

Dikatakan, KPU Buton telah melakukan pemetaan terhadap pemilih disetiap Desa/Kelurahan di Kabupaten Buton. “Terus kita sudah melakukan pemetaan terhadap pemilih kita saat ini,” ujarnya.

Pada Pilkada 2017 partisipasi pemilih se-Kabupaten Buton mencapai 73, 2 persen, dan tahun 2018 sebanyak 70,64 persen. Pihaknnya optimis partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 bisa mencapai standar minimal yakni 77,55 persen

“Tapi paling tidak, kita mencapai standar minimal, karena standar minimal yang dipatok Bapenas itu 77,50 Persen jadi paling kita sampai disitu,” ungkapnya.

Menurutnya, Pemilih pada pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kabupaten Buton bisa mencapai 91,26 persen, jika para pemilih yang berada diluar daerah bisa hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya.

“Artinya kalau semua pemilih yang ada hadir di TPS pada saat 17 April, kita bisa mencapai 91,26 Persen,” ujarnya.

Untuk mengukur kurangnya partisipasi masyarakat pada pemilu 2019, KPU Buton menghitung formulir C6 yang sudah didistribusikan dan dan jumlah kehadiran para pemnilih. ” Jadi ukuran golput itu adalah C6 yang terdistribusi, tapi tidak hadir di TPS,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest