-Masa Tenang Pemilu 90 Persen APK Ditertibkan

Peliput: Gustam

BAUBAU, BP- Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Baubau, menertibkan sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) di masa tenang Pemilu.

Hingga hari kedua Senin (15/04), sudah 90 persen yang ditertibkan.

Plt Kasatpol PP Kota Baubau Rahmat Tuta, saat ditemui, Senin (15/04)
mengungkap, jika penertiban yang dilakukan di tiga kecamatan berjalan lancar. Hampir semua sudut kota disisir, bahkan hingga ke lorong-lorong.

“Sasaran awal, menyisir Kecamatan Betoambari, Wolio, Murhum dan Batupoaro. Besok (hari ini, red) baru kita turun di kecamatan lain,” ungkapnya.

Rahmat Tuta mengakui, penertiban tersebut belum berjalan efektif akibat terkendala waktu. Namun ia optimis, hari ini kawasan Kota Baubau bersih dari APK.

“Ada beberapa APK yang masih tersisa, itu karena keterbatasan waktu,” jelasnya.

Pantauan Baubau Post, Satpol PP turun dengan puluhan personil menggunakan tiga unit mobil yang terbagi dua mobil menyisir APK di Kecamatan Wolio, satu mobil di Kecamatan Betoambari, Murhum dan Batupuaro.

Saat melakukan penertiban, untuk APK yang berada di dalam area rumah, Satpol PP terlebih dahulu izin kepada penghuni rumah. Sementara yang di luar, langsung dibersihkan.

Di tempat berbeda, Ketua Bawaslu Baubau Wa Ode Frida Vivi Oktavia SH mengatakan, pihaknya telah melakukan penertiban APK bersama Satpol PP Kota Baubau sejak Minggu (14/04). Hal itu sesuai dengan tahapan jadwal masa tenang Pemilu 2019.

” Kemarin (Minggu 14/04-red) sudah dilakukan penertiban bersama Satpol PP, dan telah mencapai 80 Persen penertiban untuk keseluruhan wilayah Kota Baubau,” kata Frida.

Frida mengaku, jika pihaknya mengalami beberapa kendala dalam melakukan penertiban APK. Mulai dari keterbatasan anggota Panwascam, hingga ada sejumlah APK yang dipasang di tempat yang sulit dijangkau.

” Ada beberapa APK yang dipasang di tempat yang susah dijangkau, tapi sudah dikoordinasikan dengan Satpol PP,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest