Pelaku UKM Disiapkan Bantuan Hingga Rp 15 Juta

Peliput: LMSyahrul

BAUBAU, BP- Pemerintah pusat melalui Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau akan menyalurkan bantuan untuk UKM mulai dari Rp 12 juta hingga Rp 15 juta. Pemberian bantuan ini, dilihat dari kelayakan usahanya.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM, H Yakub mengatakan, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi pelaku UKM harus mengikuti sosialisasi. Selain itu, harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan nomor rekening, karena bantuan tersebut langsung diberikan kepada yang bersangkutan.

“Dalam sosialisasi itu diberikan pemahaman tentang bagaimana UKM pemula ini bisa menjadi profesional untuk memproduksi usaha yang dia geluti. Asal satu persyaratan itu dari sosialisasi dan legalitas usahanya, paling tidak izin usaha,” jelasnya saat ditemui Senin (15/04).

Pihaknya sebelumnya telah melakukan sosialisasi kepada sekitar 40 pelaku UKM di Kota Baubau. Sementara yang telah melengkapi persyaratan untuk mendapatkan bantuan, sudah mencapai 20 pelaku UKM.

Dalam upaya membantu para pelaku UKM dalam mengisi persyaratan tersebut, pihaknya akan meminta bantuan dari Universitas Muhammadiyah (UM) Buton untuk bimbingan. Pasalnya, dalam sosialisasi tersebut juga terdapat materi mengenai manajemen usaha.

“UKM pemula yang baru mulai dan belum lama berdiri, masih memerlukan bantuan fasilitas, apakah itu permodalan ataupun fasilitas produksinya, dan itu diberikan bantuan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, pemerintah pusat terus memberikan peluang bagi pelaku usaha pemula untuk mengembangkan usahanya, agar pihaknya dapat terus melakukan pembinaan dan peningkatan pemahaman.

“Kami akan memantau dan mengevaluasi usaha mereka, supaya kami bisa memahami kendala mereka. Apakah dari segi pemasaran, atau dari segi pengemasan, itu harus menjadi perhatian khusus,” tutupnya. (#)

Pin It on Pinterest