Puskesmas Kadolomoko Terapkan Tiga Jenis Pelayanan

Peliput: Nelvida A

BAUBAU, BP- Puskesmas Kadolomoko menerapkan tiga pelayanan kesehatan, yakni Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Upaya Kesehatan Perorangan (UKP), dan Pokja Admin. Masing-masing memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu pelayanan.

Kepala Puskesmas Kadolomoko Arni Maruju AMG SKM saat ditemui, Senin (15/04) menjelaskan, UKM pelayanan masyarakat di lapangan dengan memfungsikan Posyandu, Poswindu, dan Pos Lansia, sebagai wadah untuk melakukan penyuluhan serta beberapa inovasi dalam upaya menumbuhkan minat masyarakat akan pentingnya hidup sehat.

“Ini untuk melakukan penyuluhan dan beberapa inovasi dalam upaya menumbuhkan minat masyarakat akan penting hidup sehat,” jelasnya.

Kemudian, UPK yang menjalankan sistem pelayanan kesehatan secara perorangan di dalam gedung Puskesmas Kadolomoko. Mengandalkan petugas kesehatan sebagai tenaga pekerja dalam melakukan pemeriksaan, pemberian obat, serta penanganan dokter.

” UKP (upaya kesehatan perorangan) yang ada di dalam ruangan ini yaitu pelayanan secara langsung yaitu pelayanan terhadap pasien,” ungkapnya.

Terakhir, Pokja Admin yang merupakan sistem pelayanan kesehatan pada bagian registrasi dan administrasi pasien yang berkonsultasi dan pemeriksaan kesehatan. (#)

Pin It on Pinterest