Busel Akan Terapkan Sistem Zonasi Sekolah -La Makiki: Langkah Percepat Pemerataan Kualitas Pendidikan

Peliput : Amirul

BATAUGA – Memasuki tahun ajaran baru, Dinas Pendidikan Buton Selatan diimbau menerapkan sistem zonasi sekolah dalam melakukan perekrutan siswa baru. 

Kepala Dinas Pendidikan Buton Selatan La Makiki mengatakan sistem zonasi sekolah dipandang strategis untuk mempercepat pemerataan di sektor pendidikan, juga menghadirkan pemerataan kualitas pendidikan.

Sistem zonasi juga merupakan upaya mencegah penumpukan sumber daya manusia yang berkualitas dalam suatu wilayah tertentu. Upaya ini untuk mengurangi kesenjangan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat.

“Sudah diinstruksikan kepada setiap sekolah, guna menerapkan sistem zonasi. Maksudnya tiap sekolah harus menerima calon siswa baru dari daerahnya, begitu juga dengan calon siswa baru agar mendaftarkan diri ke sekolah yang ada di tempat tinggalnya,” kata Kadis Pendidikan Busel, La Makiki saat ditemui beberapa waktu lalu.

Lanjutnya sistem zonasi juga menjadi langkah strategis dalam penerapan pendidikan karakter. Ekosistem pendidikan sangat penting bagi pendidikan berkarakter.

Ia memberi contoh saat jarak tempat tinggal dan sekolah dekat, siswa jenjang pendidikan dasar bisa berjalan kaki ke sekolah. Maka proses berjalan ke sekolah itu, siswa bisa belajar etika.

Ditambahkannya, namun memang tidak bisa mematok siswa untuk bersekolah sesuai dengan zonasi atau memilih sekolah diluar daerah, itu merupakan haknya dan tidak dipermasalahkan.

“Karena kalau bukan mereka siapa lagi yang menempatinya. Kalaupun ada calon siswa yang mau bersekolah diluar sesuai keinginanya itu tidak dipermasalahkan, karena itu hak mereka,” tukasnya (*)

Pin It on Pinterest