Baubau Terima Dana Kelurahan Tahap Awal Rp 7,95 Miliar

Peliput: Zul

BAUBAU, BP – Dana kelurahan dari pemerintah pusat kini telah masuk ke kas daerah Kota Baubau pada April 2019. Tahap awal diberikan Rp 7,95 miliar atau 50 persen dari total anggaran Rp 15,9 miliar.

Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse dalam sambutannya pada kegiatan Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran 2019 di Aula Kantor Walikota Baubau, Kamis (23/05) mengatakan, dana kelurahan digunakan untuk sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan. Ini merupakan Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan yang bersifat baru.

“ April lalu, pemerintah pusat telah transfer dana kelurahan tahap pertama sebesar 50 persen atau berkisar Rp 7,95 miliar, itu sudah dalam kas daerah,” ungkapnya di hadapan para lurah.

Sebanyak 43 kelurahan di Kota Baubau, masing-masing akan mendapatkan dana Rp 370.138.000. Dana ini akan langsung dikirim ke rekening masing-masing kelurahan.

Monianse berharap, dana kelurahan dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan bijak, sesuai yang telah dirancang berdasarkan peraturan. Untuk itu dirinya mengingatkan, agar para lurah berhati-hati dalam pemanfaatannya.

“ Saya sampaikan pada lurah bahwa jabatan itu sebagai kuasa pengelola anggaran termasuk berkewajiban mempertanggungjawabkannya,” tandasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini meminta para camat dan lurah untuk mengawasi bersama penggunaan dana kelurahan. Pasalnya, berbagai dinamika dalam proses pelaksanaan dana kelurahan bakal dihadapkan pada permasalahan, mengingat alokasi dana kelurahan cukup besar. (*)

Pin It on Pinterest