Ini Kronologi Penangkapan 82 Orang Pembakar 87 Rumah di Buton

Laporan: Prasetyo M

BUTON, BAUBAUPOST.COM- Sesuai dengan janji Kapolda Sultra bahwa akan memburu pelaku pembakar 87 rumah di Desa Gunung Jaya, maka dalam selang waktu 4 hari pasca bentrok warga di dua desa yaitu Desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo, Kabupaten Buton, polisi berhasil menangkap terduga pelaku pembakar 87 rumah tanpa ada perlawanan, Sabtu (08/06/2019).

Berikut kronologi penangkapan 81 orang tersebut:

Sabtu 8 Juni 2019

Pukul 06.00 Wita

Apel pengecekan pasukan guna persiapan penangkapan para terduga pelaku di Jalan Poros menuju Desa Sampuabalo. Apel dipimpin Kapolres Buton AKBP Andi Herman. Ada 290 personel diterjunkan, yang merupakan gabungan dari anggota Polres Buton, Brimob Polda Sultra, Brimob Batuaga, dan Dalmas Polres Baubau.

Pukul 06.35 Wita

LP, warga Desa Sampuabalo, salah satu terduga pelaku penyerangan dan pembakaran rumah masyarakat Desa Gunung Jaya, melintas di lokasi apel. LP langsung ditangkap dan diperiksa.

Pukul 07.30 Wita

Tim dibagi jadi empat tim. Tim 1, yang dipimpin Kapolres Buton dan Tim 2 dipimpin oleh Wakapolres Buton, bergerak memasuki Desa Sampuabalo. Sementara 1 regu Satuan Lantas dan BKO Brimob disiagakan di titik kumpul serta masing-masing driver disiagakan untuk melakukan evakuasi.

Selain itu, 1 regu BKO Brimob yang dipimpin AKP Akhmad Fatarum bersiaga di pintu masuk lokasi Kalase Desa Sampuabalo, Kecamatan Siotapina, Buton.

Pukul 07.46 Wita

Tim berhasil mengamankan sekelompok masyarakat, khususnya laki-laki, beserta barang bukti berupa parang, tombak, pisau, badik, dan busur yang disimpan di sekitar rumah penduduk. Selanjutnya tim melakukan penyisiran di Desa Sampuabalo.

Pukul 09.26 Wita

Proses penangkapan selesai. Seluruh masyarakat yang diamankan tidak melakukan perlawanan sehingga memudahkan penangkapan.

Sebanyak 82 orang yang diamankan itu selanjutnya dibawa menuju Polda Sultra menggunakan jalur laut. Diprediksi tiba di Kendari pukul 18.00 Wita.

Bentrok antarpemuda Desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo itu terjadi pada Rabu (5/6) malam. Sebanyak 87 rumah di Desa Gunung Jaya dibakar.

Dua orang meninggal dalam peristiwa itu, sementara korban luka delapan orang. (**)

Pin It on Pinterest