Kodim 1413/Buton Bangun Rumah Warga Korban Kerusuhan

PASARWAJO, BP- Pasca bentrok warga dua desa di Kabupaten Buton beberapa waktu lalu, TNI Polri membersihkan puing-puing 87 rumah warga yang menjadi korban pembakaran. Tidak hanya itu, Kodim 1413/Buton juga mulai melaksanakan pembangunan rumah warga.

Dandim 1413/Buton Letkol Inf Davy Darma Putra selaku kepala satuan pelaksana kegiatan saat dihubungi Baubau Post, Senin (10/06) mengatakan, pembersihan puing-puing rumah korban kerusuhan telah dimulai sejak dua hari lalu. Mulai kemarin (10/06) pihaknya telah melakukan renovasi rumah warga yang rusak baik kategori sedang maupun berat.

” Hari ini kita mulai target perbaikan dan renovasi rumah khususnya ada dua rumah yang kondisinya rusak sedang yang kategorinya masih bisa kita renovasi hari ini sudah mulai kita kerjakan, ada pula rumah dengan kategori rusak berat yang juga sudah dikerjakan pondasinya” kata Letkol Inf Davy Darma Putra.

Dikatakan, pembangunan untuk kategori rusak sedang, diperbaiki bagian rusaknya saja tanpa merubah bentuknya. Sementara untuk kategori rusak parah dan tidak berbentuk, pihaknya akan membangun sesuai tipe yang ditetapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Jadi semi permanen, di bawah batako di atas papan. Untuk tipe dan anggaran perbaikannya dari Dinas PUPR Provinsi, jadi kami disini hanya menerima bahan saja, untuk ukuran besaran bangunan 6×8 meter,” paparnya.

Untuk pengerjaan perbaikan rumah warga, Kodim 1413/Buton menurunkan 50 personilnya, dibantu 100 personel dari Yonif Raider 700 dan Yonzipur VIII Makassar. Satu pleton melakukan pengamanan di Desa Sampuabalo, dan satu pleton lainnya bersiaga di Desa Gunung Jaya.

“Kemudian ada juga yang di pos masing-masing, 10 orang membantu rekonstruksi, serta ada personel dari Yonzipur VIII Makassar sebanyak 21 orang menjadi tukang ahli bangunan,” jelasnya.

Peliput: Prasetio M

Pin It on Pinterest