Kuota PPDB SMPN 3 Baubau Diharapkan Bisa Meningkat

BAUBAU, BP- SMPN 3 Baubau target jumlah kuota penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Kepala SMPN 3 Baubau Drs La Sabardin MPd saat dikonfirmasi Baubau Post pada beberapa waktu lalu, pada dasarnya jumlah ideal kuota PPDB tingkat SMP ialah sebanyak 350 siswa. Jumlah itu nantinya akan dibagi menjadi 11 rombongan belajar (Rombel) karena masing-masing rombel harus berisikan minimal 30 siswa.

Namun, karena melihat populasi angka kelahiran anak di Kota Baubau kian menurun setiap tahunnya, sehingga jumlah penerimaan siswa baru kian terbatas.

” Jumlah siswa yang dibutuhkan oleh sekolah maksimal 11 kelas. Dengan jumlah minimal 30 per rombel, jadi kalau diakumulasi jumlah keseluruhan siswa yang harusnya diterima ialah sebanyak 350 siswa. Namun, karena kita tahu sekarang ini jumlah siswa terbatas sehingga dari tahun ke tahun kami hanya menerima sebanyak 250-270 siswa,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, ia berharap agar jumlah kuota PPDB tahun ini dapat meningkat. Pasalnya, jika jumlah siswa yang mendaftar tidak melampuai target minimal maka akan berimbas pada pembagian jam mengajar guru yang terbatas sehingga mempengaruhi proses kepengurusan tunjangan sertifikasi.

” Diharapkan tahun ini lebih meningkat lagi karena konsekuaensinya mana kala jumlah siswa terbatas dan jumlah rombel yang kita harapkan tidak mencukupi maka imbasnya pada jam mengajar guru akan kurang dan mempengaruhi sertifkasi mereka,” tutupnya.

Peliput: Arianto W

Pin It on Pinterest