Pemda Busel Bakal Buka Penerimaan CPNS dan PPPK 2019

BATAUGA,BP-Pemerintah Buton Selatan (Busel) bakal membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2019. Hal itu dilakukan setelah menerima surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) dengan nomor B/617/M.SM.01.00/2019.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Buton Selatan Firman Hamzah mengatakan prihal surat itu sifatnya segera tentang pengadaan ASN 2019, dan tertanggal 17 Mei 2019. Secara garis besar surat itu memuat tentang rencana pengadaan ASN, terdiri dari dua kategori, yakni pengadaan PNS dan PPPK.

Sesuai perintah surat tersebut, kata Firman Hamza, saat ini Pemda Busel melalui BKSDM sedang melakukan perencanaan, menyesuaian jabatan-jabatan pelaksana (staf), karena staf hari ini sudah ada jabatannya.

Untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan ASN yang akan diterima tahun 2019, BKSDM Busel akan melakukan analisis beban kerja analisis jabatan dan evaluasi jabatan untuk menjadi dasar utama penyusulan ke Menpan-RB.

“Hari ini BKSDM sedang memproses perencanaan itu sudah ada dilakukan, informasinya dilakukan secara online begitupula dokumen fisiknya sudah dalam proses diantar dalam ke Menpan-RB,” ucap Firman Hamzah saat ditemui di Kantor Setda Busel, Selasa (11/06).

Lanjutnya, setelah data itu diserahkan dan melalui verifikasi Menpan-RB, maka akan diketahui berapa besaran kouta penerimaan ASN untuk Busel.

“Perencanaann dari daerah, lalu kemudian diverifikasi Menpan-RB, lalu didapat data fiksnya dalam bentuk formasi ASN,” katanya.

Soal mengenai untuk besaran perencanaannya usulan Pemda Busel, kata Firman, hampir sama dengan tahun lalu, kurang lebih 600 orang. Jumlah keseluruhan ASN Pemda Busel sampai hari ini kurang lebih 1700.

“Pemda Busel masih kekurangan PNS dan perlu penambahan, kita juga masih mempunyai rasio belanja Pegawai dibawah 50 persen,artinya Pemda Buton Selatan masih membutuhkan penambahan ASN,” tuturnya.

Ditambahkannya, mengenai jadwal pastinya penerimaan dan pendaftaran ASN, Pemda Busel masih menunggu informasi dari Menpan-RB.

“Kita menunggu bagaimana hasil verifikasi Menpan-RB,” tukasnya.

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest