Pemkot Dukung Kegiatan Pelatihan Tenaga Ahli Kepariwisataan

BAUBAU, BP- Dinas Pariwisata Kota Baubau melaksanakan kegiatan pelatihan kepariwisataan dengan tujuan terciptanya tenaga ahli Pariwisata di Kota Baubau. Hal itu mendapatkan dukungan positif dari Walikota dan Wakil Walikota Baubau, Selasa (11/06).

Dalam sambutanya Wakil Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse mengatakan, Pemerintah Kota Baubau sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Parawisata Kota Baubau untuk mencari para ahli di bidang keparawisataan.

“Pada prinsipnya kegiatan ini sangat diapresiasi dengan baik oleh bapak walikota, dengan berharap kegiatan ini kita akan mendapatkan tenaga-tenaga pengelolah keparawisataan,” kata Monianse.

Dikatakan, saat ini pariwisata merupakan salah satu andalan dan sektor penguat ekonomi Indonesia. Sehingga ia berkeyakinan Pariwisata Kota Baubau yang didukung dengan upaya dan kerja keras semua pihak mampu menjadi 10 besar penguat perekonomian Indonesia.

” Karena jujur saja parawisata hari ini secara nasional akan menjadi andalan perekonomi kita sekarang, insya allah pariwisata Kota Baubau mampu menjadi 10 besar penguat perekonomian indonesia, dan ini sebuah cita-cita besar yang tidak mungkin terjadi begitu saja tanpa upaya-upaya,” tuturnya.

Lanjut kata Monianse, pemerintah juga akan meperkuat di bidang ekonomi kreatif sehingga mampu menjadi daya tarik pengunjung yang datang di kota Baubau, dan mampu meningkatkan penghasilan daerah di bidang pariwisata.

“Yang dilakukan hari ini dengan upaya-upaya memperkuat perekonomian khususnya di parawisata kita adalah ekonomi kreatif di bidang parawisataan, ini saya kira harus menjadi bagian kepercayaan ekonomi kreatif berbasis parawisata juga menjadi pemasok Produk Domestik Bruto (PDB). PDB di tahun 2017 dari sektor ekonomi kreatif dalamnya ada parawisata itu hampir dari 1000 triliun 17% dari pendapatan indonesia, 2016 800 triliun dan sebelumnya baru sekitar 700 triliun di tahun 2015, sehingah tren ekonomi kreatif di bidang keparawisataan ini mejadi andalan perekonomian indonesia masa depan,” jelasnya.

Ia berharap ke depan perekenomian parawisata Kota Baubau bisa menangkap peluang-peluang yang ada di kota Baubau, baik wisata budaya, alam hingga wisata buatan.

“Oleh karenanya saya kira kota Baubau yang diakuratkan dan segalah macam potensi keparawisataan baik dari askpek budaya, aspek alam dan parawisata buatan lainya juga harus menangkap peluang ini,” tutupnya.

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest