SDN 1 Lowu-lowu Junjung Tinggi Kedisiplinan Siswa Dan Guru

BAUBAU, BP- Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan jenjang sekolah dasar (SD), SDN 1 Lowu-lowu tanamkan nilai kedisiplinan pada seluruh siswa beserta staf dewan guru.

Kepala SDN 1 Lowu Lowu Muslim SPdI saat ditemui, Selasa (11/06) mengatakan, pihak sekolah sangat menjunjung tinggi penerapan nilai kedisiplinan di sekolah. Hal itu dibuktikan dengan hasil presentase keterlambatan siswa maupun guru, yang hanya mencapai 5 persen per tahunnya.

Lanjut Muslim, jam wajib masuk sekolah mulai dibuka pada pukul 07.00 Wita. Kendati demikian, pihak sekolah memberikan toleransi pada siswa maupun guru yang tidak sengaja mendapatkan kendala teknis saat perjalanan ke sekolah yaitu sampai pukul 07.30 Wita, jika melebihi waktu yang telah ditetapkan maka harus siap menerima konsekuensi sesuai dengan aturan yang ada.

” Seluruh siswa beserta guru disini masuk pada pukul 07.00 Wita, dengan waktu toleransi keterlambatan sampai 07.30 Wita. Dengan target waktu itu hampir secara keseluruhan siswa dan guru kami tidak ada yang terlambat selalu datang tepat waktu. Sebab, jika siswa terlambat maka akan disanksi, begitupun gurunya,” jelasnya.

Tidak hanya itu, absensi kehadiran siswa maupun guru hampir dikatakan bersih tanpa ada keterangan Alpa. Terkecuali, ada panggilan tugas dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Baubau, bagi para guru. Hal itu, menjadi contoh yang baik untuk dicerminkan kepada siswa agar tidak absen hadir ke sekolah.

” Semua guru di SDN 1 Lowu Lowu selalu datang setiap harinya dan tidak pernah alpa, terkecuali ada tugas dinas yang membuat mereka tidak dapat hadir di sekolah. Hal itu dapat menjadi cerminan bagi para siswa, sehingga tidak alpa ke sekolah dan cenderung menjadi generasi penerus yang berprestasi dalam bidang akadmik maupun non akademik,” ungkapnya.

Olehnya itu, melalui pendekatan ilmu kedisiplinan dapat menciptakan suasana lingkungan belajar yang nyaman dan tentram. Sebab, siswa yang disiplin berpeluang besar menjadi generasi penerus yang lebih menghargai waktu, taat pada aturan, serta berprilaku baik sesuai dengan norma-norma yang ada.

Peliput: Nelvida A

Pin It on Pinterest