Zona Penetapan Pajak Di Wakatobi Belum Terupdate

Peliput : Asmaddin

BAUBAU, BP- Zona penetapan pajak di Kabupaten Wakatobi hingga saat ini belum terupdate. Pasalnya zona penetapan pajak tersebut masih dari Buton sebagai kabupaten induk Wakatobi.

Hal ini diakui Bupati Wakatobi H Arhawi saat ditemui di Kantor Walikota Baubau Rabu (26/06). “Sampai hari ini belum terupdate,” katanya.

Selain itu, dalam pertemuannya bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membahas mengenai aset dan optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu yang dibahas terkait program pertanahan.

“Di Wakatobi, masyarakatnya sebagian besar belum miliki sertifikat tanah. Kami telah mencari solusi bersama KPK terkait program tersebut untuk penggunaan anggaran agar dapat bekerja,” jelasnya.

Pihaknya berkoordinasi dengan KPK, untuk dukungan anggaran operasional pertanahan. Pemkab harus menurunkan tim teknis untuk meilai seluruh objek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan yang lainnya. Ternyata pihaknya dapat berbuat terkecuali telah ada MOu antara Pemda dan Pertanahan, agar anggarannya dapat dipersiapkan.

“Minggu ketiga bulan agustus itu kita sudah harus lakukan MoU, sehingga di perubahan anggaran, telah dipersiapkan anggarannya untuk mereka bekerja,” pungkasnya. (*)

Pin It on Pinterest