Eks Kantor Kesbangpol Buton Diduga Jadi RPH Ilegal

Peliput: LM Syahrul                   Editor: Prasetio M

BAUBAU, BP- Saat melakukan razia hewan ternak di lapangan lembah hijau, Satpol PP Baubau menemukan lokasi yang disinyalir dijadikan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) ilegal. Bangunan yang digunakan yakni Eks kantor Kesbangpol Kabupaten Buton.

Kepala Bidang Ketertiban Umum Husni Ganiru ditemui Rabu (03/07) mengatakan, di lokasi tersebut ditemukan beberapa sisa bagian tubuh hewan. Pihaknya prihatin dengan kondisi bangunan tersebut, karena sudah tidak terpakai dan malah disalahgunakan.

“Bangunan eks Pemerintah Kabupaten Buton yang dulu kantor Kesbangpol itu dijadikan pemotongan hewan liar, sehingga kondisi bangunan memprihatinkan sekali, darah, kotoran dan kulit ada di bangunan itu,” ungkapnya.

Selanjutnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Buton, guna melihat langsung lokasi yang diduga sebagai tempat pemotongan hewan ilegal. Menurutnya, masyarakat yang berada tidak jauh dengan lokasi penertiban, sudah merasa tidak nyaman dengan bau yang ditimbulkan dari aktifitas hewan dan sisa pemotongan hewan.

“Sebenarnya masyarakat di situ sudah resah dengan bau dan aktivitas ternak itu,” ujarnya.

Untuk kenyamaman masyarakat Kota Baubau, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada pihak kelurahan agar terlibat secara aktif dan mendukung Perda terkait dengan penanganan hewan ternak. “Kami juga harapkan RT nya koordinasi dengan lurahnya apakah nanti lurahnya menyurati atau ditegur, supaya kami diberikan tembusan dasar kami melakukan penertiban di situ,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat agar tidak melepas hewan ternak di lapangan lembah hijau. (#)

Pin It on Pinterest