GMSD Duga Ada Penyelewengan Dana Desa Lantangi

Buranga,BP- Gerakan Mahasiswa Sosialisasi Demokrasi (GMSD) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan orasi di depan Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Kantor Inspektorat Kabupaten Buton Utara (Butur). Aksi tersebut terkait dugaan penyelewengan Dana Desa Lantangi, Kecamatan Kulisusu.

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Lapangan GMSD, Rahmun yang mengatakan bahwa pembangunan di desa Lantagi Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara di duga ada penyelewengan anggaran dana desa.
“Faktanya yang kami duga tidak sesuai. Ironisnya pembangunan yang bermasalah tersebut kami duga persoalan yang terjadi di desa lantagi. Persoalan pembangunan ini tidak terlepas dari pemerintah desa ,terkait yang kami duga keliru dalam menjalankan kewenanganya sebagai pucuk pimpinan,” kata Rahmun Selasa(09/07)

Ia juga menilai pencopotan dan pengkatan perangkat desa Lantangi tidak sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Berdasarkan hal tersebut pembangunan yang ada di desa lantagi ataupun pencopotan perangkat desa maupun penerimaan aparat desa tidak sesuai prosedur dan mekanisme yang ada”, katanya.

Sementara itu Kabid kelembagaan DPMD Tuslim yang menemui masa aksi mengatakan, dirinya akan turun langsung ke lapangan untuk mengklarifikasi dugaan permasalahan tersebut.

“Nanti saya akan turun untuk mengklarifikasi di lapangan, jadi jadwal saya akan turun itu, saya kasih kesempatan kepada mereka itu jam 10 hari Kamis,” kata Tuslim.

Di tempat yang berbeda Kepala Inspektorat Yuswan Farmanta mengatakan permasalahan di desa Lantagi terkait penggunaan dana desa, pihaknya akan melakukan pemeriksaan khusus.
“Kami akan lakukan pemeriksaan khusus atau investigasi di desa Lantagi, karena kita pikir ini ada permasalahan yang paten”,kata infektur.

Ia berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama mengawasi penggunaan dana desa di desanya masing-masing.
“Jadi kita lebih senang kalau ada pengawasan masyarakat, karena mereka yang tau kan situasi desa itu ,daripada kita, karena keseharian mereka disitu,” ungkapnya.

Peliput : Kasrun

Pin It on Pinterest