Bupati Buton Apresiasi Cepatnya Perbaikan 87 Rumah di Desa Gunung Jaya

  • Belum Sebulan sudah 22 Rumah Diberi Atap, 15 Rumah Diberi rangka, Sisanya Sudah Dipondasi

BUTON, BP- Normalisasi kehidupan warga Desa Gunung Jaya, Kecamatan Sipotapina di Kabupaten Buton yang rumahnya terbakar terus berlangsung. Normalisasi itu berupa perbaikan 87 rumah yang dibakar saat bentrok warga di dua desa yang bertetangga di Buton sehari setelah perayaan lebaran Idu Fitri tahun 2019. Bupati Buton La Bakry mengapresiasi perbaikan rumah warga di Gunung Jaya, karena belum sebulan sudah 80 persen yang sudah rampung diperbaiki.

“Sampai saat ini sudah 22 rumah yang sudah diberi atap, 15 rumah yang sudah berdiri rangkanya, 43 rumah yang sudah dipondasi, dan sisanya tujuh rumah belum tersentuh namun pembersihan puing-puing rumah yang terbakar sudah dilakukan. Progresnya sangat luar biasa, karena ini terbilang cepat sekali pengerjaan perbaikan rumah itu karena belum sebulan beraksi pasca pemulihan bentrok,” ucap La Bakry, Selasa (09/07), ketika diwawancara Baubau Post.

La Bakry mengatakan sejauh ini warga Gunung Jaya sudah beraktifitas normnal. Secara psikologis trauma warga baik anak-anak dan wanita juga berangsur hilang. “Semua itu karena pengaruh perhatian pemerintah mulai dari pusat, provinsi dan daerah, TNI-Polri serta dukungan semua pihak yang simpati terhadap percepatan kondusifitas dua desa itu pasca bentrok,” sambungnya.

Bupati Buton menggambarkan bahwa rumah-rumah yang dibangun itu ukuran sangat memadai dan sangat layak dihuni warga karena terdiri dari tiga kamar tidur satu ruang tamu dan satu dapur. Ukuran kamar tidurnya pun masih memenuhi sarat kesehatan karena rata-rata berukuran kira-kira 2.5 m x 2.5 m.

“Kalau masih ada rumah warga yang belum tersentuh perbaikan, penyebabnya karena dilokasi kehabisan bahan material bangunan. Tapi jumlah rumah yang belum tersentuh perbaikannya jumlahnya tinggal tujuh rumah, Insya Allah akan secepatnya juga tersentuh. Karena pihak TNI juga masih terus berada di lokasi Desa Gunung Jaya hingga saat ini,” tutur La Bakry.

Untuk mempercepat pembangunan rumah yang rusak, Lanjut Bupati Buton La Bakry, pihaknya juga menurunkan puluhan orang untuk membantu TNI membangun kembali rumah warga yang rusak. La Bakry mengatakan saat ini warga Gunung Jaya sebagian besar sudah balik ke desanya dan beraktivitas seperti biasa. Kalau ada warga yang belum balik ke desa, lanjutnya, disebabkan karena rumahnya belum tersentuh dan mereka masih diungsikan ke rumah keluarga di ibukota Pasarwajo.

“Dengan kembalinya warga ke desa Gunung Jaya secara psikolgis juga mempercepat pemulihan trauma. Kita pun sampai saat ini tetap memberikan bantuan moril dan psikologis kepada semua warga di Desa Gunung Jaya. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah memberikan bantuan baik berupaka pakaian, makanan dan air minum. Semoga hal seperti ini tidak terjadi lagi, dan semua sama-sama menjaga persatuan di Buton,” harap Bupati Buton.

Laporan: Prasetyo M/Hengky

Pin It on Pinterest