Laris di Semarang, Sambal Kaholeo Diekspos Lagi ke Purwekerto

BAUBAU, BP – Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau bakal memperkenalkan salah satu kuliner khas Buton “Sambal Kaholeo” pada pameran di Kabupaten Purwokerto. Kegiatan ini telah dimulai pada tanggal 11 hingga tanggal 14 Juli 2019.

“Saya ambil 10 botol untuk sampel, karena saya akan ke pameran di Purwokerto. Saya mau perkenalkan lagi di Purwokerto,” ungkap Plt Kepala Dinas Koperasi dan dan UKM H Yakub saat dikonfirmasi belum lama ini.

Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan pemasaran produk Sambal Kaholeo di Kota Semarang. Masyarakat sangat merespon produk baru tersebut, terlebih bahan baku Sambal Kaholeo terbuat dari ikan teri asap.

“30 botol yang dibawa dengan harga Rp 45 ribu per botolnya, semua laku terjual, orang masih mau beli tapi sudah tidak ada,” jelasnya.

Yakub mengakui, produk sambal kaholeo masih membutuhkan pembinaan untuk meningkatkan pengemasan serta daya tahannya. Kuliner ini hanya dapat bertahan selama seminggu, sehingga perlu solusi agar dapat menjadi produk unggulan.

” Pengemasannya sudah cukup bagus, namun belum menggunakan Aluminium Foil untuk menutupi atasan botol agar tidak mudah merembes. Apa yang perlu dibantu nanti kita fasilitasi untuk pengembangan usahanya,” katanya.

Sementara itu, dalam sebulan pemilik usaha dapat memproduksi ratusan botol dengan omset mencapai puluhan juta rupiah. Pemasarannya sudah dilakukan secara online dan manual, serta memiliki banyak peminat.

” Artinya yang seperti inilah yang harus kita berikan dorongan untuk lebih berkembang dari sisi teknologi, produksi maupun pemasaran,” tandasnya.

Peliput: Zul PS

Pin It on Pinterest