110 ASN Baubau Pensiun Tahun Ini

BAUBAU,BP – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Baubau mencatat 110 Aparatur Sipil Negara (ASN) akan pensiun tahun 2019. Jumlah ini diprediksi tidak jauh berbeda dengan tahun 2020, di atas 100 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Pensiun Jufri SPd menjelaskan, rata-rata jumlah pensiunan dari tahun ke tahun di atas 100 orang pegawai. Jumlah itu sudah termasuk eselon II.

“Setiap tahun begitu, karena saya di sini kurang lebih hampir tiga tahun menangani bidang pensiunan,” tuturnya saat ditemui Kamis (11/07).

Dijelaskan, untuk eselon II memiliki hak pensiun di usia 60 tahun. Berbeda dengan pegawai yang tidak memiliki jabatan atau sebagai staf, memiliki usia pensiun 58 tahun.

Sementara, persyaratan calon pegawai pensiun golongan IV/a ke bawah diproses untuk pertimbangan teknis di Makassar. Sedangkan calon pegawai pensiun golongan IV/b ke atas diproses di Jakarta.

“Jadi kami bawa fisiknya ke sana, setelah itu diproses maka dibuatlah pertimbangan teknisnya (Pertek) setelah itu dikembalikan untuk ditandatangani Walikota,” jelasnya.

Untuk pegawai yang menginginkan pensiun dini, persayaratannya dapat diajukan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Peliput: Zul PS

Pin It on Pinterest