16 Pengusaha Pemula Baubau Kecipratan Dana Hibah

BAUBAU, BP – Sebanyak 16 wirausahawan pemula di Kota Baubau mendapatkan dana hibah dari Kementerian Koperasi dan UKM. Masing-masing mendapatkan bantuan Rp 12 juta.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM H Yakub melalui Kabid Pembiayaan dan Simpan Pinjam Drs Rusdin MSi mengatakan pihaknya mengusulkan 25 orang untuk mendapatkan bantuan, namun yang disetujui hanya 16 orang.

“Kita penerima terbanyak untuk kabupaten/kota seluruh indonesia, sedangkan dana itu terbatas juga. Kadang yang lain hanya mendapatkan 4 atau 6 pengusaha,” ungkapnya saat ditemui Jumat (12/07).

Prestasi tersebut dipengaruhi pendampingan yang ketat selama sebulan penuh oleh pihaknya. Selain itu, dalam pendampingan pihaknya bekerja sama dengan pihak UM-Buton utamanya pada sistem manajemen keuangan.

” Kami melakukan pendampingan itu, sejak awal April bersama akademisi La ode Muhammad Hasrul Adam SE MAk, saya juga sangat berterimakasih kepada beliau. Jadi pada tanggal 1 mei itu saya bawa proposalnya ke pusat,” ulasnya.

Dijelaskan, pada 2019 anggaran dana hibah mengarah pada usaha produktif, sementara bidang jasa tidak digunakan. Usaha produktif seperti kuliner, usaha oven, pot bunga dan tas rajutan yang dibuatkan proposal. Bahkan ada diantara mereka sudah mulai mempekerjakan karyawan sebanyak 6 orang.

Ditambahkan, pencairan segera dilakukan pada pada bulan Agustus. Tim survei dari pusat yang didampingi dari pihak provinsi akan menandatangani berkas persiapan pencairan yang ditransfer langsung ke rekening penerima bantuan.

” Akan dipastikan dulu, jangan sampai beda nomor, informasi ini Agustus sudah dicairkan langsung masuk ke rekekningnya,” tandasnya.

Peliput: Zul PS

Pin It on Pinterest