Baubau Tuan Rumah Kemah Pemuda untuk Keadilan Sosial se-Sultra

BAUBAU, BP- Kota Baubau dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kemah Pemuda untuk Keadilan Sosial se Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Kegiatan itu digagas Sukarelawan Hijau Baubau( SHB) setelah mendapat kepercayaan dari Indonesia Social Justice Network (ISJN).

Kepada Baubau Post via WhatsApp, jumat (12/07), Pendiri Sukarelawan Hijau Baubau Yamin mengungkapkan, banyak komunitas di Indonesia yang dipercaya mengadakan kegiatan tersebut, salah satunya Kota Baubau.

“Setelah melalui seleksi yang ketat, ada enam komunitas seluruh Indonesia yang dipercaya melaksanakan kegiatan ini, salah satunya Sukarelawan Hijau Baubau di Provinsi Sultra. Kami akan memastikan, selain membahas isu-isu keadialan sosial, akan ada materi tentang lingkungan dan dikemas bernuansa ramah lingkungan,” ungkapnya.
Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggaran , Hardikusuma juga mengatakan bahwa kegiatan ini di laksanakan selama tiga hari dan persertanya dari kalangan SMA, pesantren dan juga dari kalangan pemuda yang non muslim lainnya dan semua para peserta yang ikut dalam kegiatan ini tidak di mintai biaya.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari di Kelurahan Labalawa pada tanggal 25 – 27 Juli 2019. Pesertanya dibuka untuk semua siswa kelas X, XI, dan XII SMA/SMU/MA/Pesantren se Sulawesi Tenggara. Para pemuda dari kaum minoritas (pemuda Kristen, Hindu, dll), kelompok termajinalkan dan disabilitas akan sangat diutamakan untuk mengikuti kegiatan ini. Segala biaya transportasi, akomodasi dan transportasi akan ditanggung oleh panitia,” ujranya

Pihaknya Juga sebelumnya sudah berkoordinasi dengan salah satu instutusi yang berada di provinsi yang terkait dengan kegiatan merekah.

“Kami juga telah berkordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara di Kendari dan menyambut baik kegiatan ini. Mereka telah memberi rekomendasi agar sekolah-sekolah SMA/Sederajat di Sultra mengirimkan pesertanya dalam kegiatan ini,” kata Hardikusuma.

Kedatinya Pihaknya berharap para peserta nantinya ada ilmu yang merekah serap dalam kegiatan yang berlangsung nantinya.

“Harapan saya dengan adanya kegiatan sjyc ini. Peserta dapat memiliki wawasan dan bersikap openminded dalam menyikapi hal hal sosial dan bersikap adil terhadap sesama.,”Pungkasnya.

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest