Samahuddin Tepati Janji Bangun Rumah Adat Desa Napa

LABUNGKARI, BP – Dengan meresmikan Rumah Adat (Baruga) di Desa Napa Kecamatan Mawasangka, Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin SE telah menepati janjiannya kepada masyarakat, yang akan akan melakukan perbaikan Baruga.

“Ini merupakan janji saya kepada masyarakat, sebelum saya menjadi Bupati,” ungkap Samahuddin, saat dikonfirmasi beberapa awak media, Senin (05/08).

Didampingi Kepala Bagian Umum dan Kadis Pendidikan Kebudayaan Kabupaten Buteng, kedatangan Bupati disambut antusias masyarakat desa, tokoh-tokoh adat dan pelajar yang ada didesa itu.

Untuk pembangunan Baruga tersebut, Pemda Buteng menggunakan anggaran APBD tahun 2018 melalui DPA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buton Tengah, senilai kurang lebih Rp 750 juta.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Napa La Mura mengatakan Sejak 1958 Baruga di Desa Napa sudah digunakan untuk musyawarah adat, baik masyarakat Desa Napa maupun keseluruhan masyarakat rumpun Wasilomata.

Pada zaman sebelum pemekaran, Baruga sudah sering kali diminta untuk dilakukan rehabilitasi, namun baru di zaman H Samahuddin dan La Ntau (SamaTau) baru dapat direalisasikan.

“Masyarakat baru tinggali Desa pada tahun 1960, dua tahun sebelumnya Baruga sudah ada dan digunakan,” La Mura.

Sementara, Tokoh adat Wasilomata La Saidi sangat memgapresiasi dan sangat bangga atas pembangunan Baruga itu, dimana pemerintah sangat memperhatikan masyarakat adat baik masyarakat adat wasilomata maupun masyarakat adat lainnya.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest