Diknas Busel Imbau Sekolah Transparansi Dana Bos

BATAUGA,BP-Pengunaan dana Bantuan Operasional sekolah (BOS) di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Buton Selatan (Busel) belum sepenuhnya transparan. Pasalnya, dibeberapa sekolah tersebut, laporan penggunaan dana BOS secara keseluruhan belum diterapkan, baik melalui mading, atau disampaikan secara langsung.

Laporan terkait dan BOS masih banyak disampaikan kepada komite sekolah saja, itupun sering kali hanya pemberitahuan terkait siswa-siswa yang mendapat bantuan dana BOS dan besaran jumlah, sementara penggunaan dana BOS untuk pengadaan, pembelian barang, untuk kegiatan lainnya secara rinci belum sepenuhnya transparan.

Mengenai hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Buton Selatan La Makiki, mengimbau agar setiap sekolah SD dan SMP semestinya harus transparan menyampaikan penggunaan dana BOS, baik dipajang di mading sekolah maupun disampaikan secara langsung kepada orang tua murid serta komite sekolah.

“Saya akan sampaikan jika mereka belum melakukan itu, dihimbau harus transparansi sehingga dapat dibaca semua, jangan sampai dicurigai ada indikasi dan mencuak dipermukaan, jadi harus transparan penggunaan dana BOS,” tegas saat ditemui belum lama ini.

Dia menyebutkan jika terjadi indikasi penyalahgunaan dana BOS disekolah, maka bukan kepala sekolah yang disebut tetapi Dinas Pendidikan yang disebut. Untuk itu sebagai intansi yang melakukan pengawasan dan pembinaan sudah sepantasnya mengimbau serta menekankan agar setiap sekolah agar bersifat transparan, profesional dalam pengelolaan penggunaan anggaran.

“Saya harap sekolah menerapkan transparansi dan jangan pernah coba-coba menyalahgunakan dana bos, karena yang disebut adalah Dinas pendidikan, jika anda salah tentu kita dulu yang dihubungi pertama,” imbaunya.

Ditambahkannya, tujuan transparansi agar tidak menimbulkan fitnah. Agar kepercayaan masyarakat secara umum juga akan meningkat. Selain itu, mereka, para orang tua murid juga secara bersama-sama dapat atau ikut mengawal dana BOS

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest