Shalat Idul Adha di Desa Wabula Berlangsung Hikmat

PASARWAJO, BP- Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1440 H di Desa Wabula Kabupaten Buton berlangsung hikmat. Sejak Pukul 06.30 Wita, sejumlah jamaah mulai memadati Lapangan Masjid Nur Muhammad Desa Wabula tempat pelaksanaan shalat, minggu (11/08).

Kumandang takbir sudah terdengar sejak subhu. Tidak sedikit dari pada jamaah datang bersama keluarga dengan berjalan kaki, meskipun ada beberapa jamaah yang datang menggunakan kendaraan.

Pelaksaan Shalat Idul Adha pun dimulai sekitar Pukul 07.30 Wita. Dipimpin Imam Ama Sabaha, pelasanaan shalat berjalan dengan khusyuk. Takbir demi takbir dikumandangkan para jamaah.

Selepas shalat, bertindak selaku khatib Dr Rusli Iru MPdI membawakan ceramah. Kepada pada jamaah, Rusli itu berkisah tentang kesholehan Nabi Ibrahim, istrinya Siti Hajar, beserta anaknya Nabi Ismail. Dikisahkan, Nabi Ibrahim ikhlas untuk menyembeli (kurban) anaknya atas perintah Allah SWT. Namun saat hendak disembeli, turun Malaikat Jibri untuk menggantikan anaknya tersebut menjadi seekor hewan.

“Sehingga yang sebenarnya kita sembelih (kurban) di hari raya ini adalah sifat kebinatangan kita, simbol kita menyebeli kurban, adalah memotong sifat kebinatangan yang ada dalam diri kita,” ungkap Rusli.

Para jamaah nampak antusias mendengarkan ceramah tersebut. Di selingi dengan bahasa daerah, ceramah dari Rusli Iru tersebut mudah dipahami oleh para jamaah khususnya yang orang tua.

Prosesi shalat Idul Adha berakhir sekitar Pukul 08.30 Wita. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban. Ada juga dari beberapa jamaah yang menyempatkan diri berziarah di kubur seusai shalat.

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest