Baubau Siap Sambut Tim Penilai Kota Sehat

  • Walikota: Semua Instansi dan Komponen Masyarakat Terlibat Penuh

BAUBAU,BP-Menghadapi lomba Kota Sehat tingkat Nasional dalam kategori “Swastisaba Wiwerda” Kota Baubau terus melakukan persiapan secara mantap. Bahkan, untuk mengetahui sejauhmana persiapan menyambut tim verifikasi dari pusat dilakukan rapat evaluasi yang melibatkan intasni pemerintah dan forum Kota Sehat yang dibuka langsung Walikota Baubau Dr H As Tamrin MH di aula Kantor Walikota senin (12/08).

Walikota Baubau Dr H As Tamrin MH kepada Baubau Post mengatakan, untuk mewujudkan Kota Sehat sesuai dengan kriteria yang akan dilihat tim penilai Kota Sehat semua komponen harus terlibat secara penuh. Mulai dari instansi pemerintah dalam hal ini Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, termasuk dinas lain yang terkait untuk mendukung kegiatan ini. Termasuk Forum Kota sehat dari unsur masyarakat.

“Jadi Kota Sehat ini kita harapkan menciptakan satu suasana kota yang betul-betul sehat, asri indah dan nyaman. Sehingga semua steakholder yang ada harus terlibat penuh untuk mewujudkan tujuan ini,”kata As Tamrin.

Untuk mempertahankan prestasi yang diraih tahun sebelumnya kata orang nomor satu di Kota Baubau ini mengatakan tidak susah untuk mempertahankan prestasi tersebut. Asalkan, ada kesadaran selruh masyarakat dan semua komponen yang ada.

“Saya selaku Walikota mendukung sepenuhnya dan mensuport semua komponen yang ada untuk berkontribusi dan berpartisipasi yang mendukung semua kegiatan KOta Sehat ini,”ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengharapkan semua Camat dan Lurah, pasalnya secara tekhnis di lapangan lurah-lurah sangat memegang peranan penting di dalam penciptaan Kota Sehat. Termasuk dukungan administratif pendukung, apalagi Kota Baubau sudah masuk nominasi.

“Tentunya nominasi ini harus ada implementasi dilapangan semua kriteria. Jangan hanya semua dokumennya yang terpenuhi padahal dilapangan tidak sesuai. Jadi kita lakukan semacam pencerahan kembali terhadap camat dan lurah untuk meastikan semua ktiteria yang disyaratkan bisa terpenuhi saat tim penilai datang,”tutupnya.

Untuk diketahui rapat evaluasi menyambut kedatangan tim verifikasi Kota sehata ini di buka langsung Walikota Baubau Dr H As Tamrin MH, Sekretaris Daerah (sekda) Roni Muhtar, Pimpinan OPd terkait, Katua Forum Kota Sehat dan pokja kota sehata tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

Laporan: Hasrin Ilmi

Pin It on Pinterest