Festival Pesona Budaya Tua, Ratusan Anak di Buton Ikut Sunatan Massal 

PASARWAJO, BP – Dalam rangka menyambut Festival Pesona Budaya Tua Buton ke VII, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton melalui Dinas Kebudayaan, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Buton, menyelenggarakan Sunatan masal yang diikuti sebanyak 219 anak.
Kegiatan itu dilaksanakan secara serentak, mulai di Gedung Wakaka, Kecamatan Pasarwajo, hingga dibeberapa Puskesmas yang tersebar di Kecamatan Wolowa, Wabula dan Pasarwajo, Senin (12/08).

Pada kesempatan itu juga, Wakil Bupati Buton Iis Elianti bersama Kepala Dinas Pariwisata La Ode Zainuddin Napa, menghadiri langsung kegiatan sunatan massal di Gedung Wakaka tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan La Ode Syamsuddin saat dikonfirmasi beberapa awak media mengatakan, sunatan massal atau Tandaki dalam perspektif Budaya Buton dengan jumlah anak 219 itu merupakan gagasan Bupati Buton La Bakry yang disesuaikan dengan tahun pelaksanaan Festival Pesona Budaya Tua Buton pada 2019.

“Untuk di Gedung Wakaka difokuskan sebanyak 100 anak saja, sisanya dapat dilaksanakan di Puskesmas,” jelasnya.

Peserta sendiri, rata-rata berumur 6-8 tahun. Sedangkan untuk dapat mengikuti Tandaki itu, pihaknya terlebih dulu menyebarkan surat ke masing-masing kecamatan yang diteruskan ke desa dan kelurahan se-Kabupaten Buton.

Di tempat yang sama, Direktur RSUD Buton dr Ramli Code mengatakan pada kegiatan itu pihaknya melibatkan 75 perawat dan sepuluh dokter. Selain itu menyiapkan 15 meja dan setiap mejanya terdapat lima orang perawat.

“Usai disunat, anak-anak ini akan dirawat jalan kemudian diberikan obat untuk proses penyembuhannya serta pada fase pergantian perban secara gratis,” kata Ramli.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest