Penerapan sistem Zonasi Pada PPBD SMP/SMA di Wakatobi Berjalan Baik

WAKATOBI, BP – Penerapan sistem Zonasi pada pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP/SMA Sederajat tahun pelajaran 2019/2020, di wilayah Kabupaten Wakatobi berjalan baik. Hal itu didukung oleh ketersediaan tenaga pengajar (Guru) yang berkualitas serta memiliki sarana pra-sarana pendukung yang memadai.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Wakatobi Aliwangi SPd MSi saat ditemui diruangan kerjanya pada beberapa waktu lalu, mengungkapkan pada dasarnya penerapan sistem zonasi yang diefektifkan melalui tiga jalur penerimaan yakni jalur Zonasi, Prestasi, dan Mutasi berjalan normal dan tanpa kendala. Salah satu sekolah yang dinilai sukses menerapkan program yang dicanangkan oleh Kemendikbud tersebut ialah SMPN 1 Wangi-wangi Selatan.

“ Misalnya yang mendaftar di SMP 1 Wangi-wangi Selatan adalah warga yang ada disekitar wilayah tersebut,” jelasnya.
Tidak heran, penyaluran tenaga pengajar di sejumlah sekolah tersebar secara merata. Tidak hanya itu, fasilitas penunjang bakal efesiensi peningkatan mutu dan kualitas pendidikan tersedia secara merata, sesuai kebutuhan yang telah ditetapkan. Sehingga dikatakannya, tidak ada lagi sekolah Favorid atau unggulan.
“ Karena semua baik dari segi distribusi guru, baik dari segi sarana prasarananya maupun jangkauannya itu bisa dijangkau dari radius zonasi itu dan itu tidak ada kendala. Berbeda dengan kota-kota besar dan itu ramai,” pungkasnya.

Peliput: Zul PS

Pin It on Pinterest