Tahun Ini Pemda Busel Bangun 10 Kantor OPD

BATAUGA,BP-Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Selatan (Busel) ditahun 2019 ini akan membangun 10 kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kelurahan Masiri, Kecamatan Batauga.

Pembangunan sejumlah kantor OPD itu menelan biaya sebesar Rp 11,5 miliar melalui APBD Busel tahun 2019.
Pembangunan sejumlah OPD juga merupakan salah satu aspek rekomendasi dari Ditjen Otda bagi dari DOB, yakni penyediaan sarana dan prasarana pemerintahan.

Plt Bupati Buton Selatan H La Ode Arusani mengatakan pembangunan kantor OPD sebagai penunjang sarana dan prasana pelayanan masyarakat, tidak akan dilakukan sekaligus namun secara bertahap. Pada tahun 2019 ini akan dibangun 10 OPD dari kantor 33 OPD lingkup Busel. Untuk pembangunan kantor OPD lainnya dilangsungkan pada tahun berikutnya sesuai dengan kondisi anggran daerah.

“Luas lahan kurang lebih 27 hektar disiapkan,” ucap Arusani belum lama ini.

Dikatakan Pembangunan 10 kantor di Kelurahan Masiri, merupakan kantor OPD yang dinilai perioritas untuk pelayanan masyarakat.

“Saya berharap dibangunnya beberapa kantor OPD secara permanen dapat memberikan pelayanan masyarakat yang lebih maksimal,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setda Busel, LM Martosiswoyo SE, MSi mengatakan pembangunan 10 OPD di Kelurahan Masiri akan dibagi dalam tiga klaster.

Klaster I, kantor OPD yang dibangun yakni Satuan Polisi Pamong Praja (SatPolPP), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kemudian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
Diklaster II, akan dibangun kantor Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Diklaster III akan dibangun Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang),” ungkapnya.

Kata Martosiswoyo, pembangunan 10 OPD sesuai klaster sudah disesuaikan dengan perencanaan awal.

Ia berharapa pembangunan kantor OPD tersebut dapat berjalan sesuai harapan tanpa ada hambatan, begitu pula pembangunan sarana penunjang seperti faslitas listrik dan air, serta akses jalan.

“Nanti pihak PLN akan menghitung berapa kebutuhan tiang listrik dan PDAM berapa kebutuhan jaringan air bersih juga akan dibangun,” tuturnya.

Lanjut Martosiswoyo, jumlah OPD dilingkup Pemda Busel ada 33. Jadi 10 OPD terbangun tahun ini, maka masih ada 23 OPD. Dalam perencanaan, sisa OPD yang belum dibangun akan dilaksanakan ditahun-tahun berikutnya, namun tergantung kemampuan angaran daerah.

“Pemerintah daerah memprogramkan pembangunan kantor OPD akan dilakukan secara bertahap hingga semua terpenuhi,” tukasnya.

Diketahui, proses dimulainya pembangunan kantor 10 OPD bulan Agustus ini di Kelurahan Masiri, setelah Pemda Busel menyelesaikan dokumen kajian lingkungannya, atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) beberapa waktu lalu.

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest