Baubau Target Raih Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda

BAUBAU, BP – Tim Forum Kota Sehat dan Tim Akselarasi Kota Baubau tengah mempersiapkan kedatangan tim penilai pusat. Tahun ini Kota Baubau menargetkan untuk meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Baubau Dr Wahyu MScPH mengatakan, saat ini penghargaan Kota Sehat yang diraih Baubau masih pada tingkatan pertama yakni, Swasti Saba Padapa di tahun 2017. Sementara untuk meraih tingkatan yang berikutnya yakni Swasti Saba Wiwerda, maka aspek penilaiannya ditambah.

“Tadinya hanya dua yakni kawasan sehat dan masyarakat sehat mandiri. Kalau mau tingkatkan ke Swasti Saba Wiwerda, maka penilaian ditambah pariwisata sehat dan transportasi sehat,” katanya saat ditemui di Kantor Walikota Baubau belum lama ini.

Dua aspek inilah yang tengah digenjot tim Kota Sehat Kota Baubau. Direncanakan tim Verivfikasi Kota/Kabupaten Sehat (KKS) tingkat pusat yang dijadwalkan kedatangannya sekitar tanggal 21, 22 hingga 23 Agustus 2019.

“Tahun ini ada penilaian lagi dari tim pusat, jadi kami ingin tingkatkan menjadi Swasti Saba Wiwerda, ini tingkatan yang lebih tinggi,” katanya.

Untuk aspek yang akan dinilai nantinya yakni pariwisata sehat dan transportasi sehat, pihaknya bakal menyiapkan dua lokasi yakni Benteng Keraton Buton dan terminal di Pasar Wameo. Sementara untuk indikator penilaiannya seperti kebersihan lokasinya, ketersediaan fasilitas toilet umum, ketersediaan pelayanan kesehatan terdekat, dan indikator pendukung lainnya.

“Jadi penilaian kota sehat ini luas, karena dari segala aspek,” tuturnya.

Tahapan ini lanjut Wahyu, telah dimulai sejak diterimanya penghargaan Kota Sehat tingkat pertama tahun 2017. Bahkan kelembagaannya telah dibentuk beberapa tahun lalu.

“Tingkat kelurahan ada pokja, di kecamatan forum kecamatan sehat, untuk tingkat kota ada Forum Baubau sehat. Tetapi pemerintah juga membentuk tim sendiri yakni tim akselarasi,
para pejabat membentuk juga yakni forum pembina kota sehat,” urainya.

Peliput: Zaman Adha

Pin It on Pinterest