Disdukcapil Baubau akan Terapkan Sistem Tanda Tangan Elektronik

BAUBAU, BP- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau akan menerapkan sistem tanda tangan elektronik untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan,

“Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, pindah-datang, e-KTP, jadi itu bukan lagi dalam tanda tangan basahnya kepala dinas, tapi dalam bentuk Barcode, semacam kode batang begitu,” ungkap Kepala Disdukcapil Kota Baubau Muslimin Hibali beberapa waktu lalu.

Hal itu, kata Muslimin, memudahkan kepala dinas dalam menanda tangani berkas kependudukan meskipun berada di luar daerah. Operator tinggal menghubungkan jaringan ke ponsel kepala dinas dengan password tertentu.

“Jadi nanti itu fungsinya, kalau kepala dinas tidak ada di daerah, tinggal buka HP baru OK kan, langsung terprint di kantor,” katanya kepada segenap awak media.

Gagasan tersebut, lanjut Muslimin, telah dilakukan uji coba dan berhasil. Untuk itu, tinggal menunggu hari, inovasi dari Dirjen Kependudukan Kementerian Dalam Negeri itu segera diterapkan.

“Sebenarnya hari ini kita mau terapkan, karena sudah berhasil kita uji coba kemarin, aplikasinya sudah ada, konek langsung di HPnya kepala dinas. Itu programnya Dirjen Kependudukan, dalam upaya mempermudah masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan,” jelasnya.

Capil sudah mengirim seorang staf untuk mengikuti pelatihan program tersebut untuk kemudian diajarkan lagi ke staf yang lain. Diharapkan, dengan program tersebut memudahkan pihak capil dalam mempercepat pengurusan administrasi kependudukan.

“Administrasi Database cacatan sipil sudah ikut pelatihan, untuk mempelajari aplikasi penanda tanganan elektronik, dan hari ini sudah pulang,” tandas Muslimin. (*)

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest