Dispar Baubau akan Suguhkan Wisata Unggulan di FKMA Asean

BAUBAU, BP- Kota Baubau memiliki potensi wisata yang cukup besar. Sebagai tuan rumah perhelata Festival Keraton Masyarakat Adat (FKMA) Asean ke VI, Dinas Pariwisata (Dispar) akan menyuguhkan beberapa wisata unggulan di kota ini.

Selain wisata budaya dan sejarah seperti Benteng Keraton Buton yang sudah cukup dikenal luas, masih ada beberapa potensi pariwisata lainnya yang dapat menarik minat pelancong.

Kepala Dispar Kota Baubau Ali Arham mengatakan bahwa selama ini pihaknya telah berupaya untuk mempromosikan wisata unggulan di Kota Baubau. Salah satunya wisata kuliner tradisional.

“Tentunya adalan kita yang pertama itu makanan tradisional itu yang selalu kita tampilkan di acara mana pun itu,” katanya saat ditemui saat kegiatan Gerak Jalan Indah, Selasa (13/08).

Selain kuliner tradisional, wisata unggulan lainnya yang menjadi andalan Kota Baubau yakni seni kreatif, seperti kain tenun maupun kerajinan tangan lainnya.

“Wisatawan nanti kita siapkan sarung buton. Dengan dimanfaatkan sebaik-baiknya tentu itu adalah potensi wisata,” ujarnya.

Dengan beberapa potensi pariwisata tersebut, pihaknya berharap dapat menarik lagi lebih banyak minat wisatawan asing untuk berkunjung ke Kota Baubau. “Baubau semakin dikenal baik di tingkat nasional maupun di tingkat dunia,” harapnya.

Dalam FKMA Asean nantinya, pihaknya juga berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat. Sehingga diperlukan dukungan dari masyarakat untuk menyukseskan kegiatan akbar ini. (#)

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest