Blangko KTP-el Disdukcapil Baubau Tersisa 200 Keping

BAUBAU, BP- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau mencatat pengurusan KTP-el selalu meningkat, sehingga blangko selalu habis. Saat ini di Kantor Disdukcapil Baubau tinggal tersisa sekitar 200 keping.

Plt Kadis Dukcapil Baubau La Ode Muslimin Hibali SE MSi mengatakan, jumlah tersebut tidak akan cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan pencetakan KTP-el. Pihaknya tengah memesan stok blangko di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kurang lebih tinggal 200 keping, memang harus ke Jakarta lagi pergi ambil, untuk mengambil blangko paling banyak 500 keping,” katanya saat ditemui di sela-sela kegiatan Gerak Jalan Indah, Rabu (14/08).

Padahal dalam setiap kali pengusulan, pihaknya selalu meminta stok blangko hingga 3000 keping. Sementara kebutuhan untuk pencetakan KTP-el di Kota Baubau cukup tinggi.

“Ajuannya nanti sekaligus diajukan, bisanya kita tulis 3000 tapi yang disetujui cuma 500 keping,” sebutnya.

Pihaknya mengakui, stok yang diberikan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Baubau. Untuk mengantisipasi hal ini, pihaknya menerbitkan surat keterangan (suket) sebagai pengganti KTP-el sementara.

“Layanan paling cuma dua minggu habis lagi, sehingga risikonya kasih keluar suket,” tandasnya.

Pihaknya berharap agar masyarakat yang telah memiliki KTP-el dapat menjaganya agar tidak rusak maupun hilang, karena stok yang diberikan Kemendagri sangat terbatas. (#)

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest