Remisi Agustus, Empat Napi Baubau akan Bebas

BAUBAU, BP- Kabar kembira untuk warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Baubau. Menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun ini, sebanyak 353 warga binaan akan diberikan remisi. Empat orang diantaranya langusung bebas.

Kepada segenap awak media, di Rujab Walikota Baubau, rabu (14/08), Kepala Lapas Kelas IIA Kota Baubau Wahyu Prasetyo merincikan, ke 353 warga binaan tersebut terdiri dari 336 orang kasus Pidana Umum, dan 17 orang Pidana Khusus.

“Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74, seperti biasa, Lapas Baubau mengusulkan remisi umum yaitu pengurangan masa pidana sebanyak 336 orang untuk Pidana Umum, sedangkan Pidana Khusus sebanyak 17 orang, jadi total 353 orang,” ungkapnya.

Dari total keseluruhan narapidana yang mendapatkan remisi tersebut, Wahyu menyebut, empat diataranya langsung dinyatakan bebas. “Yang langsung bebas sekitar empat orang,” sebutnya.

Ia menjelaskan, banyak hal yang menjadi kriteria penilaian dalam mendapatkan remisi, diantaranya narapidana wajib menjalankan masa tahanan minimal enam bulan. Disamping itu juga, kedisplinan narapidana selama di Lapas menjadi tolak ukur penilaian.

“Kriterianya itu diantaranya sudah menjalankan masa tahanan minimal enam bulan, kemudian berkelakukan baik, disiplin pada aturan yang ada di dalam (Lapas-red),” tandasnya.

Peliput: Gustam

Pin It on Pinterest