Maksimalkan Cegah Karhutla Polres Buton Gelar Apel Kesiapan

PASARWAJO, BP – Dalam rangka memaksimalkan pencegahan terhadap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Polres Buton menggelar Apel Kesiapan di Lapangan Sepak Bola Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kamis (15/08).

Apel kesiapan itu, dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil dan sarana prasarana yang dibutuhkan, guna menghadapi bencana alam dan menghadapi Karhutla. Selain itu, untuk menyamakan langkah dan menyatukan tekad untuk bahu membahu dalam mengatasi Karhutla.

Kapolres Buton AKBP Andi Herman selaku pemimpin apel, dalam sambutannya ia mengatakan, Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan salah satu dari 17 Provinsi se-Indonesia yang tinggi tingkat kebakaran dan hutan, untuk itu dibutuhkan peran seluruh pihak terkait.

Salah satunya, peran masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam penanganan kebakaran hutan. Oleh sebab itu, pihaknya mengajak seluruh pihak dan segenap masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan.

“Apabila ditemukan ada yang sengaja membakar hutan dan lahan, akan diberikan efek jerah,” jelasnya.

Edukasi kepada masyarakat, untuk peduli terhadap kebakaran hutan dan lahan yang rawan terjadi di sejumlah wilayah penting disebarluaskan. Kebakaran hutan dan lahan berdampak pada rusaknya ekosistem dan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan.

Asap yang ditimbulkan juga menjadi polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), asma, penyakit paru obstruktif kronik. Selain itu, asap bisa mengganggu jarak pandang, terutama untuk transportasi penerbangan.

“Kebakaran hutan dan lahan ini bisa mengganggu kesehatan dan jalur penerbangan akibat asap. Mari bersama-sama peduli terhadap lingkungan dan tidak membakar hutan,” tuturnya.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest