Disdukcapil Baubau Tonjolkan Busana Sarung Tenunan Buton di Karnaval Budaya

BAUBAU, BP- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau ikut ambil bagian dalam penggelaran Karnaval Budaya, dalam rangka HUT Kota Baubau ke-478 dan semarak ke-18 tahun sebagai daerah Otonomi.

Saat dikonfirmasi Baubau Post, Rabu (16/10) Plt Disdukcapil Baubau La Ode Muslimin Hibali menuturkan sebanyak 70 orang pegawainya turut berpartisipasi dalam kegiatan perayaan tersebut.

” Hampir 70 orang ini termasuk PNS dan anak magang,” ujarnya.

Teruntuk busana yang dikenakan, instansi pembuat kartu tanda penduduk ini menggunakan tema sarung tenunan khas Buton sebagai konsep penampilannya.

” Ini namanya promosi, bahwa setiap sarung memiliki nama dengan keberagaman warna. Pakaian yang dikenakan pun harus seragam,” jelasnya.

Diketahui, Karnaval Budaya merupakan program tahunan. Olehnya itu, Muslimin Hibali berharap pihak Dinas Parawisata Kota Baubau selaku koordinator penyelenggara karnaval dapat mempersiapkan kebutuhan stok sarung secara optimal dan memadai, sesui dengan permintaan tiap-tiap dinas.

” Pemerintah, utamanya Dinas Parawisata menyampaikan kepada penenun untuk menenun warna sesuai dengan pemintaan setiap dinas. Sebab, masing-masing dinas sudah ditentukan warnanya,” pungkasnya. (*)

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest