2020 Anggaran Pertanian Organik Butur akan Ditingkatkan

Buranga, BP- Anggaran pertanian organik di Buton Utara (Butur) akan di tingkatkan pada tahun 2020. Tahun ini anggaran pertanian organik sekitar Rp 1,5 miliar dan tahun depan akan bertambah menjadi Rp 2 miliar hingga 2,5 miliar.

Hal Itu diungkapkan Bupati Buton Utara Drs. H. Abu Hasan M. Pd pada saat menghadiri acara Pesta Panen di Desa Bubu Kecamatan beberapa waktu lalu.

“Tahun 2020 ini insya Allah akan kita tingkatkan lagi anggaran pertanian organik, tahun lalu anggarannya satu setengah miliar tahun ini insya Allah Dua sampai Dua setengah miliar untuk pertanian organik,” ungkapnya

Dikatakan bahwa yang akan di bantu pada pertanian organik adalah optimasi lahan, bibit dan pupuk. Ia berharap kepada para kepada desa untuk mendorong masyarakatnya untuk membuka lahan mereka.

“Apa yang kita bantu, Optimasi lahan. Masyarakat harus di dorong ibu desa untuk membuka lahanya. Kemudian kita bantu Bibit, Kemudian Pupuk,”katanya.

Dia juga sudah memerintahkan Dinas Pertanian Butur untuk terus melakukan CPCL (Calon Petani Calon Lahan ) di desa yang ada di Buton Utara. Dan yang akan di bantu adalah masyarakat yang menanam bukan masyarakat yang hanya sekedar membuka lahan mereka.

“Oleh karena itu saya sudah perintahkan dinas Pertanian untuk terus melakukan CPCL. Yang akan kita bantu adalah mereka yang menanam, jadi kalau hanya buka lahan tidak menanam itu bantuannya kita tarik,”bebernya.

Peliput : Kasrun

Pin It on Pinterest