Abu Hasan: Butur, Satu-satunya Daerah di Sultra Yang Miliki Pabrik Pupuk Organik

BURANGA, BP- Kabupaten Buton Utara (Butur) adalah satu-satunya daerah di Sultra yang memiliki pabrik Pupuk Organik yang terletak di Desa Dampala Jaya, Kecamatan Kulisusu Barat.

Hal itu di ungkapkan Bupati Buton Utara Drs. H. Abu Hasan pada saat menghadiri Pesta Panen(Wawonotahu) di desa Wa Ode Kalowo Kecamatan Bonegunu beberapa waktu lalu.

“Satu-satunya kabupaten yang punya pabrik pupuk organik di Sulawesi Tenggara adalah Kabupaten Buton Utara,”ungkapnya.

Dikatakan bahwa adanya pabrik pupuk organik di Butur merupakan hasil kerjasamaantara Pemerintah daerah dan pihak Bank Indonesia, dimana biayanya bersumber dari Bank Indonesia.

“Hasil kerja sama dengan Bank Indonesia, di bangun seluruh biayanya dari Bank Indonesia,”katanya.

Kabupaten Buton Urata banyak menerima bantuan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi dikarenakan produk Pertanian Organik yang sedang di kembangkan di butur hingga saat ini. Bahkan Menteri Pertanian Langsung turun di Butur guna menyerahkan secara langsung Alsintan senilai hampir Rp. 4 miliar lebih.

“Kita diberikan banyak bantuan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat karena brending pertanian organik. Kita dikunjungi mentri secara langsung untuk menyerahkan alsinta alat-alat pertanian yang nilainya hampir empat miliar lebih karena brending pertanian organik ini,” bebernya.

Lanjut, ia juga meminta kepada para kepala desa untuk melaporkan jumlah CPCL yang ada di desanya ke Dinas Pertanian Butur, sehingga dapat dilakukan pengukuran lahan yang di buka oleh petani tersebut. Petani yang memiliki lahan akan di tukar dengan uang yang senilai dua juta lima ratus satu hektar.

“CPCL itu artinya Calon Petani Calon Lahan, pak Desa harus organisir itu lalu di laporkan ke Dinas pertanian,dinas pertanian turun dan mengukur berapa puluh hektar kawasan pertanian organik kita tukar dengan uang satu hektar dua juta setengah,”ungkapnya.

Peliput : Kasrun

Pin It on Pinterest