Siloam Hospitals Buton Gelar Simulasi Pemadaman Kebakaran

  • dr Nadira: Kita Latih Seluruh Staf Agar Mereka Siap Menghadapi Bencana

BAUBAU, BP- Rumah Sakit (RS) Siloam Hospitals Buton bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Baubau menggelar Simulasi Pemadaman Kebakaran, Sabtu (02/11).

Diketahui, hal itu bertujuan untuk melatih seluruh staf/pegawai kesehatan di RS Siloam guna mempersiapkan diri dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, utamanya kebakaran.

Ketua Tim Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit (K3RS) Siloam Hospitals Buton dr Nadira menjelaskan salah satu kewajiban staf/pegawai kesehatan Siloam Hospitals ialah mampu melakukan penanganan/evakuasi korban kebakaran secara maksimal, utamanya kepada pasien rumah sakit.

Petugas DPKP Kota Baubau Dalam Melaksanakan Tugas Penyelamatan (Simulasi-Red) Pemadaman Kebakaran.

” Tujuan simulasi ialah untuk melatih semua staf agar selalu siap menghadapi bencana, karena musibah itu tidak diketahui kapan datangnya, entah itu pagi, siang, ataupun malam. Jadi memang itu sudah menjadi kewajiban semua staf Siloam untuk bisa mengefakuasi penanganan kebakaran, sebab ada pasien juga yang harus kita selamatkan,” terangnya.

Olehnya itu, melalui kegiatan ini pula Nadira berharap agar seluruh staf/pegawai rumah sakit dapat mengetahui mekanisme dan prosedur penyelamatan yang efektif dan efesien.

” Otomatis teman-teman semua menjadi lebih tahu dimana yang harus diselematkan terlebih dahulu, serta tidak dilakukan dengan asal-asalan karena ada cara efektifnya. Sehingga ketika ada kejadian maka mereka tidak panik lagi,” ungkapnya.

Nadira menambahkan, kegiatan Simulasi Pemadaman Kebakaran dilakukan secara rutin setiap tahun, dan saat ini telah memasuki tahun ke tiga.

” Setiap tahun kita rutin melakukan kegiatan simulasi kebakaran, dan sekarang sudah memasuki tahun yang ke tiga namun pada tahun 2017-2018 bersama Damkar. Setelah memasuki 2019 telah menggunakan mobil pemadam kebakaran,” tandasnya.

Peliput: Arianto W

Pin It on Pinterest