Plt Bupati Busel, Apresiasi Karnaval Budaya Riapa Wapulaka

  • Sarana Silaturahmi Masyarakat Wapulaka

BATAUGA,BP-Karnaval budaya Wapulaka di Desa Bahari, Kecamatan Sampolawa resmi digelar, Selasa (05/11). Ivent adat tahunan itu dibuka Plt Bupati Buton Selatan (Busel) H La Ode Arusani.

Plt Bupati Busel H La Ode Arusani berharap agar karnaval budaya Wapulaka atau dikenal Riapa Baruga Wapulaka dapat terus dikembangkan untuk menggenjot destinasi wisata budaya di Busel, sehingga dapat mendatangkan para wisatawan domestik maupun manca negara.

Ia juga mengajak masyarakat agar secara bersama-sama menyukseskan Karnaval Budaya Riapa Baruga Wapulaka ini, sehingga dapat berlangsung dengan lancar dan aman tertib.

“Saya mengapresiasi kegiatan budaya yang merupakan adat istiadat leluhur kita, semoga kedepan ajang silaturahmi, perekat kebersamaan ini dapat ditingkatkan,” ucapnya.

Masyarakat Wapulaka sebagian besar warganya tersebar diperantauan, maka tepat tema yang diangkat tahun ini, jauh saling merindukan, dekat saling menyayangi, berdiri dan duduk bersama dalam membangun masyarakatWapulaka yang beradab.

“Itu sebuah tema yang menjunjung tinggi rasa kekeluargaan, persaudaraan masyarakat Wapulaka yang tersebar diberbagai wilayah nusantra khususnya wilayah Indonesia Timur, seperti di Pulau Obi, Bacan, Taliabu, Pulau Buru, Wawonii datang alam ajang kegiatan adat ini untuk kembali bersilaturahmi dalam rangkah mengkokohkan tali persaudaraan.” katanya.

Lanjutnya, merekatkan hubungan kekeluargaan sanak saudara yang sudah lama merantau mencari nafkah, ilmu dan pengalaman di negeri rantau guna kembali membangun kampung halaman Wapulaka tercinta.

“Mudah-mudahan ditahun kedepan, kegiatan ini lebih maju lagi dan terselenggara dengan baik. Mari bersama-sama, meyatukan kebersamaan lewat kebudayaan membangun Busel,” ujarnya.

Diketahui, hajatan Riapa Baruga Wapulaka merupakan kegiatan tahunan, namun tahun puncaknya digelar ditahun ketiga. Pada tahun ketiga tersebut, seluruh warga Wapulaka yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia bersua kembali dalam satu moment, guna memperat tali siraturahim yang diikat erat dalam satu tradisi adat.

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest