TKSK dan PSM Bombana Dibekali Penggunaan Aplikasi SIKS-DROID

  • Hari Kedua Bimtek

BOMBANA, BP – Hari kedua Bimbingan teknis (Bimtek), Tenaga Kesejahtraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) kini dibekali tata cara menggunaan Aplikasi SIKS-NDROID. Kegiatan tersebut diselenggarakan di salah satu Gedung Serbaguna di Rumbia, Selasa (5/11).

Amatan Baubau Post, 70 peserta yang mengikuti kegiatan ini sangatlah berantusias, terdiri dari 22 peserta TKSK dan 48 peserta PSM. Perlu diketahui, kegiatan Bimtek berlangsung selama tiga hari.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bombana Andi Sri Laela mengatakan, penyelenggaraan kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pemahaman kepada peserta Bimtek terkait penggunaan aplikasi SIKS-DROID.

” Olehnya itu, kegiatan ini sangat penting guna meningkatkan SDM para peserta hingga nanti saat penerapan dilapangan pesertanya sudah punya kemampuan mengoperasikan aplikasi tersebut,” tuturnya.

Dijelaskannya, Aplikasi SIKS-DROID merupakan aplikasi yang digunakan pada Ponsel Berplatfom Android. Sebagai aplikasi turunan dari SIKS-New Generation, SIKS-NDROID memiliki kelebihan yakni banyak penambahan fitur diantaranya dapat menentukan titik koordinat penerima bantuan dan penambahan fitur seperti foto rumah penerima bantuan, sampai foto penerima bantuan program pemerintah dalam pengetasan kemiskinan.

Ia berharap dalam kegiatan Bimtek (Bimbingan teknik) ini, para pendata TKSK/PSM nantinya bisa bekerja optimal dilapangan sehingga data kemiskinan bisa terverifikasi dan tervalidasi dengan baik.

” Saya berharap dengan waktu singkat ini teman-teman peserta sudah bisa mengoperasikan aplikasi android ini guna mendapatkan data yang akurat dan valid.” tutupnya.

Sementara itu, Erny salah satu TKSK Kecamatan Kabaena yang ikut ambil bagian dalam kegiatan pelatihan, mengatakan bahwa Bimtek SIKS-NDROID menjadi angin segar bagi Kecamatan/desa yang memang sangat berharap data yang sudah ada bisa diupdate secara bertahap melalui ponsel Android sehingga data yang dihasilkan betul-betul data yang valid.

Diketahui, Aplikasi SIKS-NDROID adalah turunan dari Aplikasi SIKS-NG, dimana aplikasi tersebut digunakan diponsel Android sedangkan SIKS-NG berbasis Website.

Aplikasi SIKS-NG/SIKS NDROID dapat mensinergikan seluruh perangkat yang ada di Kabupaten Bombana mulai dari tingkat desa, kecamatan, kelurahan, agar bisa melakukan pengawasan bagaimana bentuk penanganan kemiskinan yang dilakukan Pemda Bombana melalui Dinsos.

Aplikadi SIKS-NG sudah diperkenalkan di Bombana sejak 2018, dan sudah diintegrasikan ke data program bantuan dan jaminan sosial seperti Program Indonesia Pintar, PKH, Program Keluarga Sejahtera, Program Beras Sejahtera dan Program Indonesia Sehat. Sedangkan SIKS-NDROID masih dalam tahap sosialisasi untuk persiapan Launching di tahun 2020.

Peliput: Agus Saputra

Pin It on Pinterest