Dinkes Wakatobi Genjot Upaya Preventif-Promotif Kesmas

WAKATOBI, BP – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wakatobi terus berupaya melakukan gerakan pencegahan penyakit di kalangan masyarakat. Salah satunya dengan menjalankan upaya Preventif Promotif di rumah warga untuk meningkatkan kesehatan masyarakat (Kesmas).

Saat ditemui Baubau Post beberapa waktu lalu, Kepala Dinkes Wakatobi Muliadin mengatakan hal itu untuk meminimalisir tingginya risiko angka penyakit di masyarakat.

“Sekarang kita berupaya agar masyarakat sehat dan jangan jatuh sakit. Kemudian yang sakit, usai sembuh jangan lagi sakit kembali,” ujarnya.

Tak hanya itu ungkap Muliadin, Dinkes Wakatobi juga melaksanakan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Di samping melakukan pendataan berbasis keluarga, melalui program itu pula pihaknya dapat memaksimalkan upaya Preventif-Promotif kesehatan.

“Jadi profil kesehatan individu di setiap rumah tangga itu bisa tergambar dari data PIS-PK, sehingga lebih memudahkan kita dalam melakukan intervensi karena sudah terpetakan,” tandasnya.

Peliput: Zul Ps

Pin It on Pinterest